Viral Perempuan 18 Tahun Alami Stroke, Telinga Berdengung

Viral Perempuan 18 Tahun Alami Stroke, Telinga Berdengung

Viral perempuan 18 tahun alami stroke, agar tidak terulang berikut pahami informasi seputar stroke

Beberapa hari lalu di salah satu platform berbagi video tengah viral seorang perempuan yang masih belia mengalami stroke. Menurut akun TikTok @urfavjavanese, awalnya gadis yang berusia 18 tahun ini mengalami gangguan di telinga.

Ia merasa telinganya selalu berdengung sejak September 2021. Perempuan muda yang kerap dipanggil Skar pun menganggap ini sebagai gangguan sepele. Skar berpikir penyebab dengungan karena jarang membersihkan telinganya.

Sayangnya, kenyataan yang harus Skar terima jauh lebih buruk. Usai memeriksakan ke rumah sakit, ia divonis mengalami stroke. Hal ini terjadi lantaran kebiasaan penggunaan earphone dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga memicu radiasi pada kuping Skar.

Kondisi ini kian buruk karena ia jarang berolahraga. Ia pun mengaku minim sekali melakukan aktivitas di luar rumah. Alhasil minim sekali terpapar matahari pagi yang kaya akan vitamin D.

Agar kejadian Skar tidak terulang kembali, Popmama.com akan memberikan informasi terkait tanda-tanda, jenis hingga cara meminimalisir terjadinya stroke pada kamu milenial.

Editors’ Picks

Pahami Jenis-Jenis Stroke

Pahami Jenis-Jenis Stroke

Pexels/Anna Shvets

Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang mampu mengakibatkan kerusakan di salah satu bagian otak manusia. Hal ini karena aliran dari dan menuju otak terganggu karena gangguan di pembuluh darah.

Penyakit yang tidak memandang usia ini dapat mematikan sel otak dalam hitungan detik. Inilah yang sering dikenal sebagai serangan stroke. Hasilnya bagian yang dikontrol oleh bagian otak yang “mati” kehilangan fungsinya.

Sebagai kaum milenial seyogyanya mengetahui jenis-jenis stroke. Agar bisa lebih menjaga dan menyangi kesehatan. Beriku tiga stroke yang perlu kamu ketahui:

  1. Stroke iskemik. Jenis stroke yang paling lumrah dialami oleh manusia. Stroke iskemik terjadi karena pembuluh darah otak tersumbat atau bahkan mengecil. Lantas aliran darah menjadi berkurang karena “jalannya” rusak. Penyumbatan atau penyempitan disebabkan oleh pembekuan pembuluh darah akibat timbunan lemak.
  2. Stroke hemoragik. Stroke jenis ini terjadi karena pembulu darah di otak pecah atau bocor. Pendarahan ini disebabkan karena hipertensi, pengeceran darah, hingga pelemahan dinding pembuluh darah (erebral amyloid angiopathy).
  3. Stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA). Sroke ini disebut juga sebagai ministroke karena gejalanya bersifat sementara. Stroke ringan tidak menyebabkan kerusakan permanen  namun sebaiknya segera ditangani ahli. Jenis ini pula yang paling banyak diderita kaum milenial.

Tanda-Tanda Stroke yang Tidak Disadari Anak Muda

Tanda-Tanda Stroke Tidak Disadari Anak Muda

Pexels/Emre Keshavarz

Kini stroke tidak hanya menyerang usia senja saja, anak muda pun berpotensi untuk mengidap penyakit mematikan ini. Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). 16 juta orang per tahun meninggal akibat stroke atau pecahnya pembuluh darah di otak.

Penyakit ini pun tidak memandang usia. Oleh karena itu, sebagai kamu muda sudah seharusnya aware tentang kesehatan dan mulai mencari tahu tanda-tanda suatu penyakit, salah satunya stroke. Dengan begitu, kamu sebagai milenial bisa lebih enjoy menikmati hidup karena tidak terganggu oleh suatu penyakit.

Dari berbagai sumber, Popmama.com merangkum setidaknya ada lima tanda-tanda stroke yang menyerang para milenial. Tanda-tanda tersebut, sebagai berikut:

1. Terjadi pelemahan otot wajah dan lemas di satu bagian tubuh. Biasnya bagian tubuh yang merasa lemas, yakni kaki atau lengan. Perhatikan pula wajah kamu. Jika sudah tidak simetris yang amat kentara, coba untuk mengecek ke rumah sakit. Lantaran itu bisa menjadi salah satu tanda stroke.

2. Sakit kepala parah secara mendadak tanpa sebab yang pasti. Sakit kepala memang tidak hanya disebabkan karena satu faktor saja. Namun sakit kepala yang datang secara mendadak dan tidak ada penyebab pasti bisa mengindikasikan gejala stroke.

3. Indra penglihatan mulai terganggu. Gejalanya adalah penglihatan mudal kabur sehingga tidak mampu melihat sekitar dengan jelas. Gangguan ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata kamu.

4. Kesulitan berbicara hingga sulit memahami ucapan orang lain. Jika sudah parah, gejala yang bisa timbul adalah kesulitan berbicara. Ini karena saraf dan sel-sel darah di otak tidak mampu bekerja secara optimal.

5. Kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan. Gejala yang paling umum baik dirasakan kaum muda maupun tua adalah sulit berjalan, pusing dan hilang keseimbangan. Sehingga jika berdiri perlu topangan dari orang lain agar bisa berdiri tegak. Jika sudah mengalami gejala ini maka secepatnya perlu ke dokter ataupun rumah sakit.

Cara Menangkal Store di Usia Muda

Cara Menangkal Store Usia Muda

Pexels/Nathan Cowley

Semua orang pasti ingin terhindar dari penyakit mematikan ini. Namun untuk dijauhkan dari stroke harus ada ikhtiar yang kamu lakukan. Komitmen yang tinggi amat diperlukan untuk konsisten menjalaninya.

Cara-cara yang akan Popmama.com jelaskan merupakan upaya untuk pencegahan dari stroke. Ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia. Meskipun kamu sudah terlanjur mengalami gejala stroke cobalah untuk menerapkan langkah-langkah di bawah ini. Berharap stroke bisa membaik atau mungkin lenyap dari tubuh kamu.

1. Menerapkan polah hidup sehat. Pola hidup sehat bisa kamu lakukan dengan mengonsumi makanan yang sehat dan vitamin. Hindari makanan cepat saji. Buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk rutin berolahraga seperti, jogging, lari, yoga hingga aerobik ataupun zumba.

2. Batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Sekarang ini banyak sekali makana favorit kalangan milenial yang mengandung gula. Misalnya boba yang banyak mengandung gula. Kopi dengan berbagai topping pun bisa meningkatkan kadar gula kamu. Jadi pintar-pintar mengontrol asupan makanan dan minuman agar gula dalam tubuh tidak melonjak drastis.

3. Menghindari minuman yang mengandung alkohol serat kebiasaan merokok dan sejenisnya. Keduanya memang memberikan efek negatif bagi kesehatan. Salah satunya bisa menyebabkan stroke. Oleh karena itu coba mulai untuk mengurangi hingga berhenti menyentuh keduanya. Tidak mudah tetapi jika ada kemauan dan niat yang besar pasti bisa terlepas dari alkohol dan rokok.

Demikian paparan Popmama.com mengenai viralnya perempuan yang mengalami stroke hingga serba-serbi stoke yang bisa berguna bagi kamu. Ingat penyakit stroke tidak memandang usia. Jaga kesehatan!

Baca Juga:

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.