Viral, Guyonan TGB Tentang Ciri Khas Kopiah Gus Baha

GenPI.co Ntb – Sebuah video youtube dengan nama Deddy Lombok dibagikan berulang-ulang di media sosial maupun WhatsApp.

Video berjudul Guyonan Orang Alim Itu Berkelas Dan Bikin Adem menampilkan pengajian tafsir Quran KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha bersama ulama asal NTB TGB HM Zainul Majdi.

Dua ulama ahli tafsir ini berduet di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Dalam video berdurasi 13 menit itu, TGB yang juga Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) menyinggung kebiasaan berkopiah (penutup kepala) Gus Baha.

“Biasanya beliau (Gus Baha) kalau berkopiah begini. Tapi, karena hormat Rektor, jadi tak kelihatan rambutnya,” katanya sembari menirukan cara berkopiah Gus Baha.

Gus Baha, ulama ahli tafsir Alquran yang merupakan murid kesayangan KH Maimun Zubair ini dikenal sederhana. Gaya busananya biasa dengan kemeja putih dan bersarung.

Ciri khas lain adalah menggunakan kopiah dengan apa adanya, terlihat rambt di bagian depan.

“Saya lagi mikir-mikir. Apa pakai kopiah seperti Gus Baha ini ada sanadnya,” ucapnya.

Menurut TGB, kebiasaan ulama di Kabupaten Rembang dan sekitarnya selalu memiliki sanad (jalur) dalam setiap perbuatan. hal ini diketahui dari kisah KH Ma’sum Lasem yang diceritakan oleh kakek TGB.

“Di Lasem itu ada Mbah Ma’sum, sahabat dari Ninikda Maulanasyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid. Ninikda ceritakan bagaimana kebiasaan dari ulama di Lasem,” ucapnya.

Pada akun youtube ini komentar-komentar positif disampaikan, diantaranya oleh KHUMRONI roni menyebut, Duet ini yang saya tunggu2, Alkhamdulilah…kesampean.. semoga Tuan guru.. dan Gus Baha selalu sehat, panjang umur..Aminn..
Yang nonton dapet barokah semua..Aminn

Sementara, Mad Wongaspad menuliskan, KAMI BANGGA SBG MUSLIM YG PUNYA ORANG2 ALIM ALAMAH AHLI DLM BIDANG ILMU TAFSIR DI INDONESIA INI YAA ALLOH BERIKANLAH PANJANG UMUR & BAROKAH ILMU NYA GOS BAHA’ SERTA TUAN GURU BAJANG ITU AAMIIN.

Ada pula Andhika Bismantara menuliskan, mendengarnya membuat hati bahagia..indahnya kearifan dan kebijaksanaan dari kata2 yg penuh dgn keilmuan yang mengalir dari kedua Tokoh kita yang saling melengkapi..Masya Allah..(*)

Tonton Video viral berikut:

video-responsive">

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber ntb.genpi.co.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.