Viral Gegara Ghozali Everyday, Ini Pengertian Dari NFT

Viral Gegara Ghozali Everyday, Ini Pengertian Dari NFT
Ilustrasi NFT atau Non Fungible Token (Photo by Tezos/Unsplash)

Beritalink.com – Dalam dua hari terakhir berita dan konten media sosial dipenuhi dengan informasi seputar NFT yang viral karena penghasilan yang dihasilkan oleh Ghozali Everyday menjadi trending dan viral.

Ghozali Everyday berhasil menyedot perhatian publik Tanah Air karena pengalamannya menjual NFT atau Non Fungible Token dengan foto selfie namun laku dengan harga fantastis.

Meskipun sebagian fotonya hanya laku sekitar 0,0001 Ethereum atau setara Rp50 ribu, namun beberapa diantaranya justru ada yang laku sampai 1 Ethereum.

Lalu apa yang dimaksud dengan NFT atau Non Fungible Token tersebut?

NFT merupakan sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset yang terdapat pada NFT tersebut kemudian akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata uang kripto lainnya.

Setelah NFT tersebut sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi.

Suatu NFT (karya digital) yang dijual, bakal memiliki nomor kode dan metadata unik yang tidak bisa direplikasi dan tentunya berbeda dari aset NFT lainnya.

Hal ini pernah terjadi pada cuitan CEO Twitter, Jack Dorsey yang dijual dengan harga mencapai 2,5 juta dollar AS atau setara Rp 35 milar. Twit tersebut dijual sebagai Non-Fungible Token.

Meskipun begitu nilai sebuah aset NFT tidak bisa disamakan atau ditukarkan dengan aset NFT dan aset kripto lainnya.

NFT sendiri digunakan pertama kali pada sebuah game blockchain bernama CryptoKitties pada Oktober 2017 lalu. Dalam game tersebut, pengguna bisa mengadopsi atau memelihara seekor kucing virtual.

Saat ini menjual aset NFT dengan cara dilelang semakin ramai didunia maya. Sebab, mekanisme lelang ini dinilai sebagai cara yang tepat untuk menjual karya digital dengan NFT karena memiliki token yang terenkripsi kepemilikannya,

Bagaimana? tertarik untuk memiliki aset digital seperti Ghozali?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.