Sri Mulyani Beberkan Efek Dahsyat Perang Rusia-Ukraina ke RI

Sri Mulyani Beberkan Efek Dahsyat Perang Rusia-Ukraina ke RI

Jakarta

Perang Rusia dan Ukraina menimbulkan efek domino kepada negara-negara lain di dunia termasuk Indonesia. Semua negara dilanda situasi kenaikan harga energi, pangan, hingga pupuk.

“Secara geografis hanya di Ukraina, namun karena yang perang juga merupakan produsen energi dunia nomor tiga terbesar, dia juga produsen gandum, pupuk, minyak goreng non CPO, maka spillover ke seluruh dunia,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara Peresmian SDG’s Desa Center di Kampus PKN STAN, Rabu (22/6/2022).

“Hari ini semua negara dunia dilanda dengan situasi harga energi naik, pupuk, pangan,” tambahnya.

Kondisi ini terjadi saat Indonesia baru mau pulih dari pandemi COVID-19. “Sekarang kita coba untuk pulih, rakyat pulih, kesehatan pulih, APBN pulih, baru tahap pemulihan awal, dunia dihadapkan pada geopolitical situation yang luar biasa,” tutur Sri Mulyani.

Dalam menghadapi guncangan akibat konflik Rusia dan Ukraina, Sri Mulyani akan menggunakan semua instrumen kebijakan regulasi termasuk bantuan APBN untuk melindungi Indonesia dari berbagai guncangan.

“Kalau negara tidak memiliki kemampuan untuk absorb shock, maka negaranya tiap hari akan terguncang dan kalau guncang tidak bisa dikelola dengan baik, negara bisa mengalami krisis,” ujarnya.

Sri Mulyani mengingatkan bahwa saat ini mengalami persaingan yang ketat secara politik keamanan dan ekonomi. Dia mengajak semua pihak tidak hanya jadi manusia yang sekadar ikut-ikutan tanpa memahami situasinya.

“Anda semuanya sebagai mahasiswa generasi yang akan live beyond today, Anda punya tanggung jawab karena Anda menikmati privilege yang tidak semua dinikmati oleh rakyat Indonesia, bisa sekolah di kampus yang baik dengan dibiayai negara,” tandasnya.

Simak Video: Kembali Dikuasai Pasukan Ukraina, Rusia Gempur Kharkiv Lagi

[Gambas:Video 20detik]

(aid/ara)

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.