Sebentar Lagi Umat Muslim Bertemu Kembali Dengan Bulan Ramadhan, Lalu Kapan dimulainya Puasa?

Sebentar Lagi Umat Muslim Bertemu Kembali Dengan Bulan Ramadhan, Lalu Kapan dimulainya Puasa?
Photo by Ahmad Nabili

Berita Link – Umat Islam di Indonesia menantikan jadwal puasa Ramadhan dan Hari Idul Fitri (Lebaran) 2022.

Sampai saat ini Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan kapan jatuhnya permulaan puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah dalam kalender Masehi.

Untuk menentukan permulaan Ramadhan dan Idul Fitri, Kemenag menggunakan 2 cara, yaitu hisab dan juga rukyatul hilal.

Cara penentuan awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri oleh Kemenag dilakukan dengan perhitungan matematis dan astronomis ditambah pengamatan langsung terhadap penampakan bulan. Hasilnya akan diumumkan setelah sidang isbat.

Di sisi lain, organisasi massa Islam Muhammadiyah memberikan perkiraan permulaan puasa Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

Menurut prediksi dalam Kalender Islam Global 1443 H yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, awal puasa Ramadhan 2022 diperkirakan akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Menurut Kalender Islam Global itu, 30 Ramadhan 1443 Hijriah atau hari terakhir puasa akan jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022. Kemudian Idul Fitri atau Lebaran akan jatuh pada 2 dan 3 Mei 2022.

Akan tetapi, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menyatakan sampai saat ini model Kalender Islam Global 1443 Hijriah masih merupakan purwarupa.

Menurut mereka, jika nantinya terdapat perbedaan maka yang menjadi panduan adalah Kalender Hijriah Muhammadiyah yang dicetak dan diterbitkan oleh Suara Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.