Saat “Meme” Stupa Borobudur Berujung Laporan Polisi dan Permintaan Maaf Roy Suryo…

Saat “Meme” Stupa Borobudur Berujung Laporan Polisi dan Permintaan Maaf Roy Suryo…

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan media sosial di ramaikan dengan viralnya foto stupa Candi Borobudur yang diubah sehingga menjadi mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto tersebut menjadi semakin viral usai mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menggungah ulang gambar tersebut melalui akun Twitter-nya @KRMTRoySUryo2.

Banyak netizen yang menyayangkan foto tersebut beredar dan menjadi perbincangan di media sosial karena dinilai menghina agama Buddha.

Baca juga:

Setelahnya mendengar banyak keluhan dan kritikan warga kepadanya usai menggunggah ulang foto tersebut, Roy pun menghapus foto tersebut dalam akun media sosialnya.

Bahkan, ia juga melaporkan akun yang mengunggah pertama kali gambar stupa Candi Borobudur yang diedit menjadi mirip wajah Jokowi ke polisi.

Tiga akun dilaporkan

Roy melaporkan akun media sosial tersebut ke Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022) karena merasa disudutkan oleh sejumlah pihak yang menyebut dia sebagai pembuat meme tersebut.

Laporannya telah teregistrasi di Polda Metro Jaya dengan nomor LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya.

“Jadi disebut-sebut foto stupa Candi Borobudur atau Sang Buddha itu diedit, editing yang dilakukan oleh Roy Suryo. Ada kalimat itu. Roy Suryo upload, editing, dan sebagainya sehingga viral,” ujar Roy Suryo di Mapolda Metro Jaya, Kamis Malam.

Baca juga:

Menurut kuasa hukum Roy, Pitra Romadoni, ada tiga akun media sosial yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Ketiganya diduga merupakan pengunggah pertama kali gambar tersebut.

Pelaporan dilakukan karena kliennya merasa dirugikan dengan adanya penggiringan opini, yang menyebut bahwa dia pengunggah atau penyebar gambar meme stupa Candi Borobudur itu.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber nasional.kompas.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.