Dunia  

Roket Canggih HIMARS Kiriman AS Tiba di Ukraina

Roket Canggih HIMARS Kiriman AS Tiba di Ukraina
Kiev

Pemerintah Ukraina menyatakan telah menerima pasokan sistem roket jarak jauh Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang canggih pasokan Amerika Serikat (AS). Sistem senjata jarak jauh yang kuat dari AS itu diharapkan oleh Kiev bisa membantu untuk membalikkan situasi dalam invasi Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (24/6/2022), pasukan Moskow dilaporkan terus bergerak maju dalam serangannya di wilayah Ukraina bagian timur, dalam upaya menguasai wilayah jantung industri bernama Donbas. Di sisi lain, Ukraina mengkhawatirkan pasukannya di sana telah dikepung oleh pasukan Rusia.

Pada Kamis (23/6) waktu setempat, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengungkapkan bahwa pasokan HIMARS dari AS telah tiba di wilayah Ukraina.

“Terima kasih kepada kolega dan teman saya, Menteri Pertahanan (AS) Lloyd Austin untuk alat-alat canggih ini!” tulis Reznikov dalam pernyataan via Twitter.

“Musim panas akan panas untuk para penjajah Rusia. Dan menjadi yang terakhir untuk beberapa dari mereka,” imbuhnya.

Tidak disebutkan lebih lanjut oleh Reznikov soal jumlah sistem roket HIMARS yang telah diterima oleh Ukraina dari AS.

Otoritas Ukraina menyatakan pihaknya membutuhkan sistem roket HIMARS untuk menandingi jangkauan sistem roket Rusia, yang disebut banyak digunakan untuk menggempur posisi-posisi pasukan Ukraina di Donbas.

Simak juga ‘Senjata Berat Kiriman AS Mulai Digunakan Pasukan Garda Terdepan Ukraina di Donbas’:

[Gambas:Video 20detik]

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber news.google.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.