Rocket SpaceX Akan Tabrak Bulan, Apa Pengaruhnya Terhadap Bumi

Rocket SpaceX Akan Tabrak Bulan, Apa Pengaruhnya Terhadap Bumi
Peluncuran Roket SpaceX (Photo by SpaceX/Unsplash)

Beritalink.com – Roket Falcon 9 yang diluncurkan SpaceX pada tahun 2015 lalu dilaporkan akan mengalami menabrak dan meledak di Bulan. Hal ini terjadi diakibatkan roket tersebut ternyata tidak memiliki cukup bahan bakar untuk kembali ke Bumi.

Astronom Jonathan McDowell mengatakan, bahwa tabrakan antara roket SpaceX tersebut dengan Bulan akan menjadi tabrakan roket tak terkendali dengan satelit alami Bumi yang pertama kali diketahui.

Meskipun demikian Jonathan, efek tabrakan tersebut tidak berpengaruh luas terhadap antariksa dan bumi, karena ledakannya yang relatif kecil.

Menurut Prof McDowell dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian yang berbasis di Amerika Serikat, membuat jalur roket SpaceX tersebut menjadi agak kacau disebabkan roket Falcon 9 SpaceX ditarik oleh gaya gravitasi yang berbeda dari Bumi, Bulan dan Matahari.

Roket Falcon 9 SpaceX  tersebut telah terombang ambing diluar angkasa sejak 7 tahun yang lalu dikarenakan kehabisan bahan bakar.

Roket ini bukanlah satu satunya misi ruang angkasa yang gagal dikendalikan, akan tetapi lebih dari puluhan misi dengan roket yang hilang diluar sana.

“Selama beberapa dekade, mungkin ada 50 obyek besar yang benar-benar hilang jejaknya. Ini mungkin terjadi beberapa kali sebelumnya, kami tidak menyadarinya. Ini akan menjadi kasus pertama yang bisa dikonfirmasi,” kata Prof McDowell.

Diperkirakan roket SpaceX akan tabrak Bulan pada 4 Maret 2022. Tabrakan tersebut akan membuat roket Falcon 9 SpaceX meledak di permukaan Bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.