Dunia  

Presiden Rusia Perintahkan Invasi Donbas di Ukraina Timur

Presiden Rusia Perintahkan Invasi Donbas di Ukraina Timur
Presiden Rusia, Vladimir Putin (Photo by DimitroSevastopol/Pixabay)

Berita Link – Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan perintah operasi militer di wilayah Donbas yang terletak di timur Ukraina pada Kamis (24/2).

Perintah yang dapat menjadi awal invasi Rusia ke Ukraina itu diumumkan Putin dalam sebuah pidato di televisi negara pada Kamis pagi sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

“Saya telah membuat keputusan untuk mengerahkan sebuah operasi militer (ke timur Ukraina),” kata Putin dalam pidato singkat yang mengejutkan itu seperti dikutip AFP.

Putin menegaskan Rusia tidak dapat menoleransi ancaman Ukraina dan mewanti-wanti intervensi asing dalam konflik ini. Ia bahkan memperingatkan pasukan Ukraina yang berada di Donbas dan sekitarnya untuk mundur atau menerima konsekuensi berat.

Donbas atau Donbass merupakan wilayah di timur Ukraina yang menaungi Donetsk dan Luhansk. Wilayah ini telah lama dikuasai kelompok separatis pro-Rusia.

Donbas menjadi titik panas konflik berdarah antara pasukan Ukraina dan kelompok separatis sejak pencaplokan Crimea oleh Rusia berlangsung pada 2014 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.