Megawati Masih Kontemplasi soal Capres 2024 dari PDIP

Megawati Masih Kontemplasi soal Capres 2024 dari PDIP

TEMPO.CO, Jakarta – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan agenda Rapat Kerja Nasional 21-23 Juni 2022 tidak akan menghasilkan keputusan soal kandidat calon presiden yang akan diusung partai banteng itu di Pilpres 2024. Sesuai amanat Kongres PDIP 2019, ujar dia, urusan capres menjadi hak prerogatif Megawati sepenuhnya.

“Soal capres, cawapres, nanti ibu ketua umum. Beliau menegaskan masih melakukan kajian, kontemplasi, dan pada momentum yang tepat akan beliau sampaikan,” ujar Hasto di lokasi Rakernas PDIP, Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Selasa, 21 Juni 2022.

Ihwal kapan saatnya, lanjut Hasto, hanya Megawati yang paham momentum paling tepat. “Bisa tiga bulan lagi, bisa lima bulan lagi, bisa beberapa hari lagi, itu semua ada dalam kajian ibu ketua umum,
dan beliau yang menerima mandat untuk menyampaikan itu,” ujar Hasto.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya memperingatkan kader partai untuk tidak bermanuver sebelum dia mengambil keputusan. “Hanya ketua umum yang menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dalam PDIP. Ingat lho, lebih baik keluar deh, daripada saya pecat,” ujar Megawati.

Megawati mengingatkan bahwa dirinya telah diberikan hak prerogatif menentukan capres 2024 yang akan diusung partainya. “Bagi kalian siapa yang berbuat manuver, keluar. Karena apa? Tidak ada dalam PDIP itu yang namanya main dua kaki, main tiga kaki melakukan manuver,” ujar Megawati.

DEWI NURITA

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.