Media Cina Sebut 2 Negara ASEAN Jadi Ancaman Menuju Piala Dunia 2026

Media Cina Sebut 2 Negara ASEAN Jadi Ancaman Menuju Piala Dunia 2026

Football5star.com Indonesia – Terkait peluang ke Piala Dunia 2026, publik Cina tampaknya mulai khawatir dengan kebangkitan sepak bola Asia Tenggara, khususnya timnas Vietnam dan Thailand. Bahkan, salah satu media Cina menyebut, kedua negara ASEAN tersebut berpotensi menjadi ancaman nyata di kawasan Asia.

Terbaru, salah satu media asal Cina, Sohu, menyoroi geliat yang ditunjukkan timnas Vietnam dan Thailand di kancah sepak bola Asia hingga dunia. Menurut mereka, kedua negara bisa menjadi pesaing nayata dalam perebutan tiket ke Piala Dunia 2026 dari zona Asia.

– Advertisement –

“Kebangkitan dua raksasa Asia Tenggara, tim nasional Cina terkena dampak: ancaman untuk Piala Dunia 2026,” bunyi judul artikel seperti dikutip Football5star dari Sohu.

Nguyen Thanh Binh dipercaya tampil oleh Park Hang-seo saat timnas Vietnam kalah 2-3 dari Cina.
thanhnien.vn

Publik Cina memang patut waspada. Terutama terhadap Vietnam. Apalagi, pada kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu Cina juga sempat menelan kekalahan mengejutkan dari The Golden Sar Warriors.

– Advertisement –

Sebagai salah satu negara kuat di Asia, kini Cina mulai memandang Vietnam dan juga Thailand sebagai ancaman nyata. Khususnya terkait misi mereka untuk bisa merebut salah satu tiket dari Asia menuju PIala Dunia empat tahun mendatang.

“Vietnam dan Thailand, dua tim yang tak lolos ke Piala Dunia 2022, mulai merancang target menuju PIala Dunia mendatang dan mereka sangat percaya diri dengan ambisi itu. Ini akan menjadi kabar buruk bagi tim nasional Cina,” tulis Sohu.

Timnas Sri Langka vs Timnas Thailand, kualifikasi Piala Asia 2023 - Twitter @Changsuek_TH
Twitter @Changsuek_TH

Timnas Vietnam dan Thailand Berpeluang ke Piala Dunia 2026

– Advertisement –

Sebelumnya, beberapa media dari Vietnam memang sudah menangkat isu tersebut. Sebagai salah satu tim terkuat di Asia Tenggara bersama Thailand, target ke PIala Dunia empat tahun mendatang menjadi misi yang tak lagi dianggap terlalu muluk.

Apalagi, pada edisi Piala Dunia 2026, peserta akan meningkat jadi 48 dan slot dari Asia bertambah menjadi 8,5 tim (8 tim lolos dari kualifikasi, 1 harus lewat pertandingan play-off dengan wakil zona lain). Perubahan tersebut yang membuat keyakinan mereka melambung.

“Media dari kedua negara yakin tim nasional masing-masing telah mengalami perkembangan yang baik dan berambisi meraih mimpi berpartisipasi pada Piala Dunia 2026,” sebut Sohu lagi.

Selain timnas Vietnam dan Thailand, sebenarnya ada dua negara lain dari Asia Tenggara yang dinilai memiliki perkembangan baik, Indonesia dan Malaysia. Hanya saja, Vietnam dan Thailand disebut lebih punya peluang.

timnas indonesia
@PSSI

Sohu beranggapan, kekalahan Cina dari Vietnam pada tahun lalu, serta dari Thailand tiga tahun silam (2019), menjadi salah satu alasan.

“Hanya masalah waktu sebelum dua raksasa Asia Tenggara itu bisa melampaui (Cina). Apalagi, perkembangan timnas Cina cukup stagnan dalam beberapa tahun terakhir, sedangkan tim lain mengalami kemajuan pesat,” urai sohu memungkasi.

Kecemasan publik Cina sejatinya cukup masuk akal. Apalagi, Presiden FIFA, Gianni Infantino, pun sempat mengutarakan keyakinan Vietnam berpeluang tampil pada PIala Dunia di tiga negara: Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, tersebut.

“Peluang Vietnam tidak kecil. Pada Piala Dunia 2026, jumlah peserta dari Asia akan meningkat jadi 8, dari 4 pada sebelumnya,” bilang Infantino beberapa waktu lalu.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.