Kenali Manfaat Yoga untuk Pasien Sakit Ginjal Kronis – Solopos.com

Kenali Manfaat Yoga untuk Pasien Sakit Ginjal Kronis – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Salah satu pose dalam yoga yang disebut boat pose. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah studi kecil dan acak baru-baru ini menunjukkan manfaat yoga bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam International Journal of Yoga.

Menurut penelitian WHO, hampir satu juta nyawa hilang secara global setiap tahun karena komplikasi terkait ginjal dan saluran kemih. Penyakit ginjal kronis (CKD) semakin diakui sebagai masalah kesehatan yang muncul di India. Faktor penyumbang utama yang mengarah pada perkembangan CKD adalah diabetes dan hipertensi.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Berdasarkan hasil penelitian, pasien ginjal kronis yang menjalani intervensi yoga terstruktur selama 6 bulan memetik manfaat berupa penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan secara statistik dan peningkatan signifikan dalam domain fisik dan psikologis QOL (kualitas hidup) melalui yoga.

Baca Juga: Moms… Ini Manfaat Yoga Saat Hamil

Yoga dikembangkan sebagai latihan spiritual ribuan tahun yang lalu. Saat ini, kebanyakan orang barat melakukan yoga untuk berolahraga atau untuk mengurangi stres. Tapi, ternyata yoga bisa menjadi salah satu alat modifikasi gaya hidup yang bisa membantu mengelola beragam penyakit termasuk ginjal.

Dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (22/6/2022), ginjal adalah organ yang sangat rumit yang menjaga keseimbangan kimiawi melalui jaringan sistem penginderaan dan pengaturan yang kompleks. Mereka memastikan tingkat air, garam dan keasaman dipertahankan tepat dalam kisaran yang sempit dan membantu fungsi seluler semua organ. Ginjal memainkan peran utama dalam memurnikan darah dengan menyaring racun darinya.

Baca Juga: Hari Yoga Internasional, Ratusan Warga Ikuti Yoga Massal di Prambanan

Mereka mengeluarkan hormon penting untuk membantu tubuh kita memproduksi darah dan menjaga tekanan darah. Dalam kehidupan kita saat ini, nutrisi yang tidak tepat, stres, dan aktivitas fisik yang tidak memadai menghasilkan gaya hidup yang tidak sehat dan merupakan pendorong utama penyakit ginjal.

Intervensi yang memanfaatkan modifikasi gaya hidup dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan pasien ginjal kronis dan dialisis. Latihan aerobik dan resistensi memiliki efek positif yang signifikan terhadap kebugaran fisik, kapasitas fungsional, kekuatan otot, dan tekanan darah pada pasien PGK.

Yoga terdiri dari campuran asana, latihan pernapasan, dan teknik meditasi relaksasi. Ini telah menunjukkan manfaat yang setara dengan latihan ringan atau sedang. Manfaatnya terpojok di sekitar kebugaran, fleksibilitas, keseimbangan, dan mobilitas, dan terakhir stres dan kecemasan. Fakta bahwa yoga tidak memerlukan peralatan mahal menjadikannya pilihan yang murah dan dapat diakses oleh semua orang.

Baca Juga: Awas! Konsumsi Obat Antinyeri hingga Antibiotik Bisa Picu Penyakit Ginjal Akut

Ada sejumlah asana sederhana yang direkomendasikan oleh para ahli yoga yang bermanfaat untuk ginjal antara lain Bhujangasana (Pose Cobra), Setu Bandhasana (Pose Jembatan), Paschimottanasana (Pose Duduk Ke Depan), Naukasana (Pose Perahu), Supta Baddhakonasana (Pose Kupu-Kupu Berbaring).

Dalam kehidupan nyata, karena banyak pasien belajar untuk beradaptasi dengan tantangan mengelola penyakit kronis seperti CKD, yoga adalah tambahan yang bermanfaat karena tidak berat pada sistem kardiovaskular, jika dimulai dengan intensitas ringan dan postur yang lebih mudah.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Yoga Bisa Bantu Pasien Sakit Ginjal Kelola Penyakitnya

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.