Kabar Baik, Peneliti: Sel T Flu Biasa Dapat Hindari Infeksi Covid-19

  • Whatsapp

Beritalink.com – Sebuah penilitan menyimpulkan bahwa Sel T dari flu biasa dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi virus Covid-19.

Hal ini sudah diujicoba pada beberapa orang yang kontak dekat dan pasien infeksi Covid.

Bacaan Lainnya

Penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London dan diikuti oleh beberapa ilmuwan dibidangnya telah merilis hasil penelitiannya pada Senin (10/1/2022).

Mereka mengamati tingkat sel T reaktif silang yang dihasilkan oleh flu biasa dalam tubuh 52 kontak rumah tangga dari kasus positif Covid-19.

Dari jumlah tersebut, ilmuwan menemukan bahwa 26 kontak erat yang memiliki kadar sel T cukup tinggi tidak terinfeksi virus itu.

“Kami menemukan bahwa sel T tingkat tinggi yang sudah ada sebelumnya, yang dibuat oleh tubuh ketika terinfeksi virus corona manusia lainnya seperti flu biasa, dapat melindungi dari infeksi Covid-19,” kata salah satu penulis studi Dr Rhia Kundu seperti diwartakan Reuters.

Para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa protein internal virus ditargetkan oleh sel-T dapat menawarkan target alternatif bagi pembuat vaksin.

Menurut mereka bahkan langkah ini lebih ampuh ketimbang vaksin itu sendiri.

Berdasarkan penelitiannya vaksin Covid-19 hanya mengincar protein lonjakan virus dan hal ini justru dapat memancing varian baru yang memuat lebih banyak mutasi.

“Sebaliknya, protein internal yang ditargetkan oleh sel-T pelindung yang kami identifikasi bermutasi jauh lebih sedikit. Akibatnya, mereka sangat terkonservasi di antara berbagai varian SARS-CoV-2 (nama lain Covid-19), termasuk Omicron,” Profesor Ajit Lalvani, kata rekan penulis studi tersebut, menambahkan.

“Oleh karena itu, vaksin baru yang menyertakan protein internal yang dilestarikan ini akan menginduksi respons sel T pelindung yang luas yang seharusnya melindungi terhadap varian SARS-CoV-2 saat ini dan di masa depan.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *