Groundbreaking Istana Negara di IKN Nusantara Direncanakan Juli 2022, Langsung oleh Jokowi

Groundbreaking Istana Negara di IKN Nusantara Direncanakan Juli 2022, Langsung oleh Jokowi

KOMPAS.com – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dipastikan akan dimulai tahun ini. Bahkan peletakan batu pertama atau groundbreaking rencananya akan dilakukan pertengahan tahun ini.

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor mengatakan peletakan batu pertama akan dilakukan secara langsung oleg Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengungkapkan hal itu kemungkinan dilakukan pada bulan Juli 2020 mendatang. 

“Insya Allah nanti di Bulan Juli sudah mulai groundbreaking pembangunan kantor istana (seperti) kantor presiden, kantor kementerian, dan lainnya,” ujar Isran Noor, Rabu (22/6/2022), di IKN Nusantara seperti dilansir TribunKaltim.co.

Baca juga:

Dia mengatakan infrastruktur menjadi fokus pembangunan IKN pada tahap awal ini. Selain istana negara, juga akan dibangun akses menuju IKN. 

Terkait dengan kebutuhan logistik pembangunan, Isran menyebut telah menyiapkan dermaga untuk mempercepat proses pembangunan. 

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan peletakan batu pertama dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

“Kalau groundbreaking tergantung Pak Presiden, tapi yang jelas, ini sudah mulai kerja. Jadi tidak hanya wacana,” ucap Basuki di IKN Nusantara.

Selain itu Basuki juga menyebutkan hingga tahun 2024 mendatang dibutuhkan anggaran sebesar Rp 43 triliun untuk pembangunan IKN. Namun untuk tahun ini anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 5,3 triliun.

“Ini kita akan mulai nanti kalau Juli sudah ada pemenangnya. Agustus kita sudah mulai bekerja,” pungkasnya. 

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Pembangunan IKN Nusantara Telan Anggaran Rp 43 T, Groundbreaking Diperkirakan Mulai Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.