Gibran dan Kaesang DIlaporkan Ke KPK Atas Dugaan Korupsi

Gibran dan Kaesang DIlaporkan Ke KPK Atas Dugaan Korupsi

Beritalink.com – Dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Laporan itu didasari atas dugaan hubungan dua anak Presiden Jokowi dengan perusahaan pembakar hutan.

Aktivis 98, Ubedilah Badrun mengatakan pelaporan tersebut didasari temuan relasi bisnis antara perusahaan Gibran dan Kaesang dengan perusahaan yang terjerat kasus kebakaran hutan di Palembang pada 2015 silam.

Ubedillah juga mengatakan keduanya diduga terkait tindak pidana korupsi dan atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan berkaitan dengan dugaan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Sebelumnya diberitakan bahwa perusahaan yang dibentuk antara anak-anak Jokowi dan anak petinggi SMG mendapat kucuran dana dari perusahaan ventura.

Saat itu perusahaan besar bernama PT SM yang sudah menjadi tersangka pembakaran hutan dan sudah dituntut oleh Kementerian Lingkungan Hidup dengan nilai Rp 7,9 triliun.

Namun, dalam perkembangannya, Mahkamah Agung (MA) hanya mengabulkan tuntutan sebesar Rp78 miliar.

“Pertanyaannya mungkinkah perusahaan baru dapat kucuran dana jika perusahaan itu bukan milik anak Presiden,” lanjut Ubedilah.

“Itu terjadi pada Februari 2019 setelah anak Presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SM,” jelas Ubedilah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.