Bisnis  

Edward Snowden Bicara Ambruknya Harga Kripto, Berani Baca?

Edward Snowden Bicara Ambruknya Harga Kripto, Berani Baca?

Jakarta, CNBC Indonesia – Edward Snowden mengaku masih percaya bahwa cryptocurrency tidak akan kehilangan pamornya walaupun saat ini harga kripto terus turun.

Justru sebaliknya, Snowden percaya bahwa musim dingin atau winter kripto mampu menyaring sehingga menyisakan mereka yang benar-benar menggunakan crypto secara fungsional.

“Satu-satunya orang yang tersisa adalah orang-orang yang menggunakan jaringan ini secara fungsional atau orang-orang yang menggunakannya untuk jangka panjang,” kata whistleblower itu pada saat Konferensi TNW 2022, dikutip dari The Next Web, Kamis (23/6/2022).

Snowden memang memiliki pengalaman unik tentang manfaat praktis kripto. Ia menggunakan server untuk membocorkan dokumen tentang pengawasan pemerintah yang dibayar dengan Bitcoin.

Mantan kontraktor NSA dan CIA itu tertarik pada anonimitas (tidak ada nama) dan utilitas Bitcoin. Ini adalah nilai yang bertahan melalui fluktuasi pasar.

“Kripto masih berfungsi meskipun harganya US$60.000 atau hanya $6,” ujarnya.

Foto ilustrasi harga cryptocurrency atau kripto yang turun (CNBC Indonesia/Edward Ricardo)

Terlepas dari manfaat ini, Snowden telah meningkatkan alarm tentang “bencana” Bitcoin. Dia juga berhati-hati dalam memperlakukan cryptocurrency terutama sebagai investasi.

Snowden juga memperingatkan tentang upaya untuk memusatkan pembayaran digital. Dia ingin menggagalkan upaya ini dengan kembali ke semangat pionir kripto yang mengejar tujuan daripada keuntungan.

Ia lalu mencontohkan Mark Zuckerberg, yang menurutnya tidak dapat membangun jaringan sosial global dan metaverse sendiri. Pengguna, karyawan, dan investor yang tak terhitung jumlahnya harus mengikuti Zuckerberg mengarahkan keterampilan dan waktu mereka hanya untuk memenuhi ambisinya.

“Kami membutuhkan orang-orang untuk menyadari bahwa sistem ini tidak ada tanpa partisipasi mereka – terutama mereka yang merupakan spesialis,” kata Snowden.

Kejatuhan harga kripto saat ini, malah akan memberikan peluang yang tidak biasa untuk mengatur ulang atau reset suatu sektor.

“Ini seperti kebakaran hutan. Ketika tanah telah dibersihkan, hal-hal lain akan tumbuh lagi,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Persediaan Bitcoin Semakin Menipis, Tinggal Sisa Segini

(roy/roy)


Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber news.google.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.