Dunia  

Dampak Letusan Gunung Tonga Tsunami Terjang Jepang

Dampak Letusan Gunung Tonga Tsunami Terjang Jepang
Ilustrasi Tsunami (Photo by Ilona Froehlich/Unsplash)

Beritalink.com – Letusan gunung bawah laut yang terjadi di daerah negara kepulauan Tonga mengakibatkan terjadinya tsunami di kepulauan itu sendiri hingga mencapai Jepang.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan, tsunami setinggi 1,2 meter mencapai pulau selatan terpencil Jepang, Amami Oshima, pada Sabtu malam waktu setempat.

Sebelumnya BMKG Jepang  telah mengumumkan peringatan dini tsunami akibat letusan gunung bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai akan sampai ke negeri sakura pada Sabtu malam sampai Minggu pagi.

Selain Amami Oshima, tsunami yang lebih kecil juga melanda pantai timur Hokkaido serta wilayah barat daya Kochi dan Wakayama juga dilanda tsunami setinggi 0,9 meter.

Selain Jepang peringatan tsunami juga telah dikeluarkan oleh negara terdekat pulau Tonga seperti Selandia Baru dan Australia.

Seorang warga Tonga, Mere Taufa, mengatakan bahwa letusan terjadi saat keluarganya sedang mempersiapkan makan malam. Adiknya mengira ada bom meledak di dekatnya.

Setelah beberapa saat letusan terdengar, Taufa mengatakan, kemudian air mengalir deras ke rumah mereka.

Letusan yang terjadi pada Sabtu pukul 04.10 GMT (11.00 WIB) di gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Ha’apai, yang berada sekitar 65 kilometer sebelah utara Nuku’alofa dan menimbulkan tsunami dengan ketinggian 1,2 meter, kata Badan Meteorologi Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.