Bisnis  

Daihatsu Xenia Cuma Laku 60 Unit sepanjang Mei, Ada Apa?

Daihatsu Xenia Cuma Laku 60 Unit sepanjang Mei, Ada Apa?
Tomohon

Data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Mei 2022 menunjukkan distribusi Daihatsu Xenia dari pabrik ke dealer hanya 60 unit. Daihatsu angkat suara terkait isu ini.

Hendrayadi Lastiyoso Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan hal ini sebenarnya bukan masalah serius.

“Jadi sebenarnya tidak terlalu ada masalah isu besar. Itu hanya masalah pembagian distribusi saja, pembagian produksi,” ujar Hendrayadi di acara test drive Daihatsu New Sirion di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa (21/6/22).

Daihatsu mengatakan minimnya angka wholesales Xenia pada Mei 2022 dilandasi oleh angka produksi yang terbatas. Sebab Daihatsu tengah fokus memproduksi model lain di bulan tersebut.

“Nah jadi kenapa begini? Intinya kita kan juga harus mengatur pembagian produksi di tempatnya ADM ya. Supaya model-model yang lain, yang kita anggap memang juga memerlukan supply yang lebih tinggi kita harus bagi ke sana,” ujar Hendrayadi.

Selain itu, Daihatsu juga mengungkapkan bahwa bulan Mei 2022 menjadi bulan dengan hari kerja paling sedikit selama lima bulan pertama di tahun ini.

“Jadi karena kemarin itu hanya 19 hari kerja, maka memang produksi itu diatur sedemikian rupa supaya bisa menyeimbangkan untuk mensuplai model-model yang lain,” lanjutnya.

Kendati angka wholesales Xenia pada bulan Mei 2022 sangat rendah, Daihatsu mengatakan angka retail-nya tergolong normal dan tembus di atas seribu unit.

“Memang wholesales kita kemarin itu yang Xenia baru itu memang sekitar 60 unit ya, 65 kalau nggak salah, betul. Tapi retail sales-nya sih di atas seribu kemarin ya,” ujar Hendrayadi.

“Sebenarnya gini, intinya kan antara wholesales sama retail sales kita kan selalu harus menjaga keseimbangan antara supply dan demand juga. Supaya yang namanya level stock itu juga kan kita jaga dengan baik,” lanjutnya.

Perlu diketahui, angka penjualan wholesales Xenia di bulan Mei 2022 tergolong sangat rendah. Bila dibandingkan dengan beberapa empat bulan sebelumnya, distribusi wholesales Xenia pada Mei 2022 merupakan yang terendah. Bila dirunut, pada Januari distribusi wholesales Xenia mencapai 3.512 unit. Kemudian pada Februari jumlahnya meningkat tipis menjadi 3.646 unit.

Masuk bulan ketiga, distribusi Xenia mulai terlihat menurun. Sepanjang Maret pengiriman Xenia ke dealer hanya 2.688 unit. Tren penurunan berlanjut ke April dimana penjualan wholesales Xenia hanya 1.333 unit.

Secara keseluruhan sudah ada 11.239 unit Xenia yang terdistribusi secara wholesales selama lima bulan tahun 2022. Sedangkan secara retail (dari dealer ke konsumen), jumlahnya 9.910 unit.

Simak VideoPenjualan Daihatsu Xenia di Mei 2022 Anjlok Drastis!
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber news.google.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.