Cloudflare Sempat Down Jadi Trending Topic, Situs Global Terdampak

Cloudflare Sempat Down Jadi Trending Topic, Situs Global Terdampak
Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah website terkemuka dunia sempat tak bisa diakses, Selasa (21/6). Hal itu terkait gangguan pada layanan Cloudflare. Hal itu pun menjadi trending topic di Twitter dunia.

Sebagai informasi, Cloudflare merupakan perusahaan infrastruktur internet. Sejumlah media sosial seperti Omegle, DoorDash, Discord, Crunchyroll, NordVPN, dan Feedly menggunakan jasa layanan Cloudflare.

Layanan populer lainnya yang telah mengonfirmasi terpengaruh seperti Zerodha, Medium.com, kantor berita berita Register, Groww, Buffer, iSpirt, Upstox, dan Social Blade. Dari dalam negeri, situs CNNIndonesia.com dan jaringan detikcom juga mengalami gangguan.

Dikutip situs resmi Cloudflare, gangguan layanan terjadi sekitar pulul 13.00 WIB, kemudian pukul 13.40 WIB perusahaan sudah mengidentifikasi masalah gangguan.

Pukul 08.06 UTC atau pukul 15.06 WIB permasalahan berangsur teratasi. Dikutip dari Tech Crunch, Cloudflare mengatakan beberapa layanan bisnis mengonfirmasi bahwa mereka perlahan mulai pulih layanannya.

“Insiden ini sudah teratasi,” demikian dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Meski begitu, Cloudflare masih menginvestigasi kasus ini. “Insiden P0 kritis diumumkan sekitar pukul 06:34 UTC. Konektivitas di jaringan Cloudflare telah terganggu di wilayah yang luas.”

“Pelanggan yang mencoba menjangkau situs Cloudflare di wilayah yang terkena dampak akan melihat ‘500 error’. Insiden tersebut berdampak pada semua layanan data plane di jaringan kami,” lanjut perusahaan.

“Kami akan terus memperbarui Anda ketika kami memiliki informasi lebih lanjut,” demikian pernyataan resminya.

John Graham-Cumming, CTO Cloudflare mengatakan di utas Hacker News bahwa ini bukan pemadaman serempak yang terjadi di seluruh dunia, tetapi hanya terjadi di beberapa tempat.

Pengguna telah mengindikasikan layanan Coinbase, Shopify, dan League of Legends juga menghadapi masalah, menurut DownDetector, alat pemantauan web crowdsourced yang melacak lalu lintas platform internet.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com Selasa (21/6) siang, lebih dari 88 ribu kicauan meramaikan kata kunci Cloudflare dan menjadikannya masuk 10 besar trending topic.

Sejumlah warganet dalam negeri juga menuliskan kicauan di Twitter. Dia mengaku terganggu pekerjaanya karena Cloudflare down.

Cloudflare down, kerjaan terganggu dah ini automation,” kata David Bahtiar, Selasa (21/6).

Internet is going down, terkhusus server yang pake cloudflare,” kata akun @ditya14.

Wah yang pake cloudflare pada ke laut,” ujar @kotakmakan.

(can/arh)

[Gambas:Video CNN]


Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber www.cnnindonesia.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.