Dunia  

Bukan Ukraina! Rusia Ngamuk ke Negara Ini, Sebut Bermusuhan

Bukan Ukraina! Rusia Ngamuk ke Negara Ini, Sebut Bermusuhan

Jakarta, CNBC Indonesia – Rusia mengecam Lithuania. Negeri itu menyebut Lithuania “secara terbuka bermusuhan” dengan Moskow.

Hal ini terkait pembatasan pada transit kereta api barang-barang yang disetujui Uni Eropa (UE) ke Kaliningrad. Ini adalah wilayah Rusia yang berbatasan dengan Lituania dan Polandia.

Kementerian Luar Negeri Rusia menuntut pencabutan segera pembatasan itu. Jika tidak, Rusia menyebut akan mengambil tindakan tegas.

“Jika dalam waktu dekat transit kargo antara wilayah Kaliningrad dan wilayah Federasi Rusia melalui Lithuania tidak dipulihkan sepenuhnya, maka Rusia berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, Senin (20/6/2022), melansir AFP.

Kementerian mengatakan telah memanggil kuasa usaha Lithuania di Moskow untuk memprotes. Rusia menyebut tindakan itu “provokatif”.

Sebelumnya dalam pernyataan berbeda, Kremlin mengatakan keputusan Lithuania “belum pernah terjadi sebelumnya”. Itu, tegas Rusia, melanggar semua apuran yang ada.

“Situasinya lebih dari serius dan memerlukan analisis yang sangat mendalam sebelum merumuskan tindakan dan keputusan apa pun,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Pekan lalu, negara Baltik Lituania mengumumkan akan melarang transit kereta api barang yang dikenakan sanksi UEdari daratan Rusia ke Kaliningrad. Daftar tersebut mencakup batu bara, logam, bahan konstruksi, dan teknologi canggih.

Menurut Gubernur Kaliningrad AntonAlikhanov, larangan tersebut akan mempengaruhi sekitar 50% dari semua impor. Perlu diketahui meski wilayah Kaliningrad adalah bagian Rusia, tapi ia terpisah dari negara induk, 1.200 kilometer (km) dari Moskow.

Hubungan antara Moskow dan Lituania- serta tetangga Baltiknya Latvia dan Estonia- memang telah memburuk selama bertahun-tahun. Itu didorong oleh meningkatnya ketegangan Rusia dengan Barat.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Balas Dendam, Rusia Blokir Akses Situs Media Barat

(tfa/tfa)


Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber news.google.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.