Bikin Bingung Masyarakat, Polisi Akan Segera Ganti Warna Seragam Satpam

  • Whatsapp
Baharkam Mabes Polri melalui Kakorbinmas Polri memberikan penghargaan kepada Satuan Pengamanan (Satpam) yang bekerja di Bank BRI unit KCP Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan (dok Photo polisikediri.com)

Beritalink.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia berencana akan mengubah kembali warna dari seragam satuan pengamanan (Satpam).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1) mengatakan bahwa seragam Satpam yang saat ini digunakan dianggap terlalu mirip dengan yang dikenakan personel Korps Bhayangkara.

Hal itu membuat masyarakat kebingungan dan sulit membedakan antara Polisi dan Satpam.

Rencananya seragam satpam akan diubah dari warna cokelat muda saat ini menjadi warna krem.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Ramadhan mengutip Antara.

Menurut Ramadhan satpam merupakan profesi baru yang mengemban beberapa fungsi kepolisian. Karenanya, perlu ada perbedaan identitas dengan Polri selaku pembinanya.

Saat ini proses pengkajian masih dilakukan oleh pihak kepolisian. Kemudian, warna seragam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam.

“Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” lanjutnya.

Pada Oktober 2021 lalu, seragam satpam warna cokelat yang mirip dengan Polri digunakan sebagai salah satu pakaian dinas resmi.

Warna cokelat kala itu dipilih karena identik dengan elemen bumi seperti tanah, kayu dan batu. Cokelat juga dianggap melambangkan kehangatan, kejujuran dan kebersahajaan.

Polri mengatakan saat itu warna seragam satpam dibuat mirip agar ada kebanggan dan kedekatan emosionoal dengan polisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *