Begini Asal-usul Nikah Beda Agama Dibolehkan di UU Adminduk

Begini Asal-usul Nikah Beda Agama Dibolehkan di UU Adminduk
Jakarta

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya membolehkan pernikahan beda agama di wilayah hukumnya, antara muslim dan Kristen dan memerintahkan Kantor Catatan Sipil mencatatnya. PN Surabaya mendasarkan ke UU Administrasi Kependudukan (Adminduk). Kok bisa?

Dalam Pasal 39 a UU Adminduk disebutkan:

Pencatatan perkawinan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 berlaku pula bagi perkawinan yang ditetapkan oleh Pengadilan

“Perkawinan yang ditetapkan oleh Pengadilan adalah perkawinan yang dilakukan antar umat yang berbeda agama atau yang dilakukan penganut kepercayaan,” demikian bunyi penjelasan Pasal 39 a UU Adminduk.

Mengapa muncul pasal itu? Dalam risalah pembentukan UU Adminduk, berikut ini beberapa sikap yang disampaikan:

Mendagri M Ma’roef menyatakan seharusnya pernikahan beda agama direvisi di UU Perkawinan, bukan dimasukkan di UU Adminduk. Berikut ini keterangan Mendagri:

Perkawinan Warga Negara Indonesia di luar wilayah Republik Indonesia wajib dicatat pada instansi penyelenggara perkawinan setempat. Tentunya kalau perkawinan-perkawinan bagi Warga Negara Indonesia di luar negeri di sini dicatat oleh instansi penyelenggara catatan sipil di negara setempat. Kalau kita punya misainya ditugaskan di perwakilan ya di situ, tapi kalau ini yang dipersoalkan oleh PKS bagaimana perkawinan berbeda agama yang dilakukan di luar negeri mengikuti hukum yang berlaku di negara tempat perkawinan dilakukan.

Ini saya kira persoalan ini barangkali lebih cocok kalau dibicarakan di Undang-Undang PerkawinanMendagri M Ma’roef

Ini saya kira persoalan ini barangkali lebih cocok kalau dibicarakan di Undang-Undang Perkawinan mengenai perkawinan campur di Undang-Undang Perkawinan itu diatur juga mengenai perkawinan campur.

Lihat juga video ‘Beda Agama, Nadine dan Dimas Anggara Menikah di Bhutan?’:

[Gambas:Video 20detik]

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.