Awas! Tenggorokan Gatal Hingga Sakit Sekujur Tubuh Merupakan Gejala Awal Kena Omicron

Awas! Tenggorokan Gatal Hingga Sakit Sekujur Tubuh Merupakan Gejala Awal Kena Omicron
Ilustrasi Sakit Batuk (Photo by nastya_gepp/Pixabay)

Berita Link – 4 Gejala Awal Kena Omicron pada Orang Dewasa: Tenggorokan Gatal hingga Sakit Sekujur Tubuh, Jangan Abaikan Tanda Ini!

Covid-19 varian omicron menjadi varian yang harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan varian omicron lebih mudah menular daripada varian sebelumnya, seperti varian delta. Ada beberapa gejala awal kena Omicron pada orang dewasa yang bisa Anda perhatikan.

Berdasarkan penelitian dari University of California, gejala Covid-19 varian omicron yang dirasakan para pasien orang dewasa cenderung sama seperti flu biasa dan tidak seperti varian sebelumnya yang menyebabkan pneumonia. Varian omicron juga tidak memberi dampak hilangnya indera perasa dan indera penciuman dalam sementara waktu.

Gejala Covid-19 dapat muncul kepada semua orang mulai dari anak-anak dan terlebih orang dewasa yang berada di lingkungan kerja. Meski demikian gejala omicron bagi orang dewasa lebih ringan dari varian Covid-19 sebelumnya. Namun, masyarakat tidak boleh menganggap remeh karena berdasarkan fakta masih ada ada pasien meninggal dunia diakibatkan virus ini.

Simak gejala awal kena omicron pada orang dewasa sebagai bentuk waspada dan penanganan dini kepada Covid-19 varian omicron ini.

Mengalami rasa lelah

Covid-19 varian omicron dapat memberi dampak rasa lelah dan letih yang tidak seperti pada umumnya. Gejala ini merupakan gejala awal yang umum terjadi bagi sebagian orang yang terinfeksi varian omicron, terutama orang dewasa. Jika mengalami gejala seperti ini, dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah agar tidak menyebarkan virus ini.

Mengalami gatal dan sakit pada area tenggorokan

Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, dr Allison Arwady mengatakan bahwa sakit tenggorokan menjadi gejala awal dan paling umum terjadi ketika terinfeksi Covid-19 varian omicron.

Sementara itu, penelitian di Mesir mencatat bahwa dari 120 pasien dewasa yang terinfeksi Covid-19, terdapat 30 persen diantaranya mengalami tidak nyaman pada tenggorokan.

Hidung Tersumbat

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan mengungkapkan bahwa hidung tersumbat menjadi salah satu gejala infeksi omicron.

“Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa,” kata dr Erlina Burhan.

Sakit pada sekujur tubuh

Selain merasa lelah dan letih, gejala omicron juga dapat memunculkan rasa sakit pada sekujur tubuh. Biasanya sakit terjadi pada area sendi dan perut. Sebagian penderita merasakan sakit pada persendian kaki dan bahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.