Audit Sistem Informasi Bisa Tingkatkan Kualitas Produk Teknologi

Audit Sistem Informasi Bisa Tingkatkan Kualitas Produk Teknologi

Audit sistem informasi dapat meningkatkan strategi dan risiko organisasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Workshop dengan tema “Tahap Audit Sistem Informasi Dengan COBIT” telah sukses dilaksanakan. Kegiatan ini digelar oleh Program Studi (prodi) Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) secara daring pada Sabtu (18/6/2022) pukul 09.00-12.00 WIB. 

Workshop ini menghadirkan narasumber Chief of Executive Officer Fit Tech Inova Global Agus Hermanto. Workshop dipandu oleh dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM), Nurmalasari, sebagai moderator. Acara dihadiri oleh 116 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi UNM semester enam dan dosen.

Agus Hermanto menyampaikan audit sistem informasi dapat meningkatkan strategi dan risiko organisasi. Dengan audit, kita mencari tahu bagaimana mengembangkan teknologi untuk menyelesaikan pengujian dan analisis demi mengurangi risiko ini sehingga tetap relevan. 

“Kesalahan manusia dan kegagalan sistem telah menjadi dua konstruksi yang terkait dalam banyak konteks,” katanya saat menjelaskan materi, Sabtu (18/6/2022) lalu. 

Ia menerangkan kecenderungan untuk menganalisis kegagalan sistem informasi semata-mata berasal dari sudut pandang teknologi terbatas. Sifat kegagalan sistem informasi adalah multi-faceted dan karenanya tidak dapat dipahami secara memadai dalam hal masalah langsung konstruksi sistem. 

“Tata kelola diperlukan untuk memastikan tujuan dan batasan manajemen risiko ditetapkan dan dikomunikasikan sebagai kebijakan yang dirancang untuk diterapkan dan diikuti oleh manajemen,” paparnya. 

Audit sistem informasi harus fokus pada aspek tata kelola dan manajemen teknologi juga keamanan siber seperti halnya pada area fokus spesifik dari audit. “Setiap organisasi membutuhkan fungsi audit sistem informasi yang kompeten, relevan, dan efektif untuk memverifikasi, melaporkan, dan memberikan panduan atau rekomendasi,” tegasnya.

Ditemui terpisah, Ketua Prodi (kaprodi) Sistem Informasi UNM Sukmawati Anggraeni Putri berharap webinar ini akan menambah ilmu dan wawasan serta bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen mengenai tahap audit sistem informasi. “Semoga workshop ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan peserta sehingga semakin paham tentang tahapan audit sistem informasi,” katanya.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber www.republika.co.id.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.