Akibat Gempa M 6,9 di Qinghai, Tembok Besar China Runtuh

  • Whatsapp
Ilustrasi Tembok Besar China (Photo by heike2hx/pixabay)

Beritalink.com – Gempa bumi magnitudo (M) 6,9 yang terjadi di Provinsi Qinghai, China, mengakibatkan runtuhnya sebagian Tembok Besar (Great Wall).

Tembok Besar yang berada pada sektor Kabupaten Shandan, Provinsi Gansu, sepanjang dua meter runtuh saat terjadi gempa tersebut, demikian laporan media China yang dikutip Antara, Senin (10/1/2022).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan laporan dari Global Times, Senin (10/1/2022) gempa bumi M 6,9 terjadi di Qinghai pada Sabtu (8/1) tengah malam. Gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 km.

Lokasi runtuhnya Tembok Besar tersebut sekitar 114 kilometer dari episentrum gempa di Kabupaten Menyuan, Provinsi Qinghai. Hal ini diketahui setelah pihak berwenang melakukan pemeriksaan.

Setelah terkena guncangan hebat, otoritas setempat melakukan pemeriksaan benda peninggalan budaya dan mengamankan lokasi reruntuhan.

Tidak ada laporan kematian tetapi sembilan orang terluka, di antaranya delapan dipulangkan dari rumah sakit dan satu masih dalam pengawasan.

Sebelumnya pada tanggal 14 April 2010, gempa dengan kekuatan M 7,1 juga pernah melanda Prefektur Otonomi Yushu Tibet di Qinghai yang menyebabkan 2.698 orang tewas dan 270 hilang. Lebih dari 90 persen rumah penduduk setempat runtuh akibat gempa dan beberapa gempa susulan yang kuat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *