Ada ‘Impor Siluman’ Masuk RI, Nilainya Bikin Merinding

Ada ‘Impor Siluman’ Masuk RI, Nilainya Bikin Merinding

Jakarta, CNBC Indonesia – Impor yang masuk Indonesia tak hanya barang, tapi juga berbentuk jasa digital terutama impor gim. Nilai impor gim ini diam-diam cukup mencengangkan nilainya, tanpa disadari sudah seperti ‘impor siluman’ yang mempengaruhi devisa.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan  mengungkapkan, sektor jasa, khususnya gim di Indonesia didominasi produk impor dengan nilai pemanfaatan masyarakat Indonesia sebesar US$ 2 miliar pada 2021 atau sekitar Rp 29 triliun.

Yang memperihatinkan, pemanfaatan gim dari pengembang lokal hanya sebesar US$ 2 juta atau sekitar Rp 29 miliar. Namun demikian, dalam lima tahun terakhir tren pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan secara signifikan.

“Hal ini menjadi tantangan bagi pengembang lokal untuk terus melakukan inovasi dan masyarakat Indonesia harusmeningkatkan penggunaan gim lokal dengan bangga,”ungkap Oke dalam pernyataan dikutip Jumat (24/6).

Oke menambahkan, pertumbuhan ekonomi mempunyai empat pilar, yaitu konsumsi domestik, investasi, pengeluaran pemerintah, serta ekspor dan impor. Pertumbuhan ekonomi Indonesia didominasi konsumsi domestik sebesar hampir 60 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dijaga melalui konsumsi domestik, salah satunya dengan produk jasa seperti gim. Produk dalam negeri yang berkontribusi besar dalam pasar domestik, secara tidak langsung akan membangun kedaulatan bangsa. Diharapkan melalui kegiatan ini, produk Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mari kita bangga buatan Indonesia,” pungkas Oke.

Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk pertama kalinya menggelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 pada 23-26 Juni 2022 di Pusat Perbelanjaan Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat.

In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 menempati area seluas 400 m2dan mempromosikan 15 gim terkurasi pada platform ponsel dan komputer dari pengembang dan penerbit lokal.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Jokowi Bilang Kita Bodoh, Ini Daftar Barang Impor RI

(hoi/hoi)


Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber resmi.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.