3 Tips Jaga Keamanan dan Kualitas Makanan dengan Teknologi Inovatif Kulkas Beko

3 Tips Jaga Keamanan dan Kualitas Makanan dengan Teknologi Inovatif Kulkas Beko

KOMPAS.com – Global Food Safety Index 2021 menempatkan Indonesia pada peringkat 95 dari 113 negara di dunia dalam aspek kualitas dan keamanan pangan. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia terhadap aspek tersebut masih tergolong rendah.

Merespons hal tersebut, Beko, sebagai merek perusahaan rumah tangga internasional menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kualitas dan keamanan makanan.

Komitmen itu diwujudkan Beko melalui produk lemari es dengan inovasi teknologi yang dapat membantu menjaga ketahanan dan kesegaran bahan makanan. Upaya ini juga dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Untuk diketahui, kehadiran teknologi dapat membantu menjaga keamanan dan kualitas bahan makanan. Beko percaya bahwa penggunaan teknologi yang menghormati lingkungan, menggunakan sumber daya alam dengan bertanggung jawab, serta memastikan keberlanjutan sumber daya di masa depan yang lebih baik menjadi kunci dalam mengatasi permasalahan keamanan pangan.

Sebagai produk rumah tangga esensial, kulkas berperan penting dalam memastikan ketersediaan dan keamanan makanan keluarga, kulkas keluaran Beko memperhatikan aspek kebersihan penyimpanan makanan. Sebab, cara penyimpanan bahan makanan dapat memengaruhi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Beko juga membagikan tips untuk menjaga kualitas dan keamanan pangan di rumah. Simak ulasannya.

Dok. Beko Kulkas Beko
  1. Jaga kebersihan

Dalam menjaga kualitas dan keamanan pangan, kebersihan peralatan memasak dan area pengolahan adalah hal yang utama. Sebab, kuman dan bakteri yang terdapat pada peralatan dapur dapat memengaruhi kesegaran pangan.

Jadi, bersihkan peralatan memasak secara berkala dan rajinlah mencuci tangan. Jaga pula kebersihan area dapur dan bahan pangan dari serangga dan hewan lainnya yang dapat memengaruhi kehigienisan.

  1. Pisahkan bahan pangan mentah

Bahan pangan mentah dan matang harus disimpan dalam wadah terpisah untuk menghindari kontaminasi silang. Sebab, pangan mentah, seperti daging dan seafood, mengeluarkan cairan mengandung mikroba yang dapat mencemari pangan lain selama proses penyimpanan dan pengolahan.

Bedakan pula peralatan memasak, seperti pisau atau talenan, yang digunakan untuk mengolah bahan mentah.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang ketika bahan pangan disimpan, Beko membekali lemari es miliknya dengan fitur Meatzone, yaitu kompartemen khusus penyimpanan daging beku. Fitur ini dapat membantu menjaga kebersihan dan kesegaran berbagai bahan makanan karena tidak tercampur dengan bahan mentah.

Lalu, terdapat pula fitur IonGuard yang dapat menetralisasi bakteri, virus, dan partikel yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

Selain itu, ada juga fitur NeoFrost, yakni dua sistem pendinginan yang terpisah. Dengan fitur ini, bau makanan mentah pada freezer tidak mencampuri makanan yang ada pada pendingin.

  1. Cek berkala kesegaran bahan makanan

Penting bagi Anda untuk memastikan bahan pangan yang dikonsumsi terjaga kesegaran dan kualitasnya.

Umumnya, makanan olahan memiliki jangka waktu konsumsi lebih panjang. Meski demikian, tetap cek waktu pembuatan dan tanggal kedaluwarsa makanan secara berkala.

Sementara, bahan makanan segar, seperti sayur dan buah, biasanya lebih cepat layu dan rusak. Oleh karena itu, simpanlah sayur dan buah pada kulkas dengan suhu yang tepat agar tetap segar dan tahan lama.

Teknologi HarvestFresh pada kulkas Beko dapat membantu Anda menjaga kualitas makanan tetap segar. Sebab, teknologi ini mampu menstimulasikan tiga jenis sinar matahari dalam perangkat untuk menjaga nutrisi pada sayur dan buah.

Lalu, terdapat pula teknologi EverFresh+ yang membantu menjaga kesegaran buah dan sayur tiga kali lebih lama. Dengan begitu, produksi sampah makanan rumah tangga bisa berkurang.

Itulah tiga tips menjaga keamanan dan kualitas makanan bersama kulkas Beko. Dengan inovasi teknologi yang dihadirkan Beko, Anda dapat menyimpan bahan makanan di rumah dengan praktis.

Sebagai informasi, Beko hadir di stan Jakarta Fair Kemayoran, Hall D Nomor 83 mulai Kamis (9/6/2022) hingga Minggu (17/7/2022). Di stan ini, Anda dapat melihat produk kulkas Beko secara langsung.

Disclaimer: Konten dan gambar berasal dari sumber biz.kompas.com.
Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email Tim Berita Link

https://biz.kompas.com/read/2022/06/20/101913528/3-tips-jaga-keamanan-dan-kualitas-makanan-dengan-teknologi-inovatif-kulkas-beko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.