Menu Click to open Menus
Home » Berita Harian » Wisata Jogja Hutan Mangrove Kulonprogo Baca Gann!!!

Wisata Jogja Hutan Mangrove Kulonprogo Baca Gann!!!

(630 Views) January 2, 2017 1:58 am | Published by | No comment

Wisata Jogja Hutan Mangrove Kulonprogo

Wisata alam akhir akhir ini banyak diminati, Bisa dimaklumi hal ini mungkin saja dikarenakan masyarakat sudah jenuh dengan segala yang berbau modern dan ingin kembali lagi ke alam. Bagaimanapun wisata alam menawarkan banyak sensasi yang tentunya sangat terasa, berbeda dengan wisata modern misal ke pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Wisata alam yang sedang booming di wilayah jogja adalah wisata hutan mangrove kulonprogo.  Awalnya, lokasi ini merupakan kawasan konservasi yang didirikan sekitar tahun 90an oleh kelompok Wanatirta dengan menanami pohon bakau guna menangkal abrasi, selain juga memiliki fungsi untuk mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya Intrusi Air laut ke daratan. Tujuan utama dibuatnya area ini pada waktu itu adalah konservasi alam mengingat fungsi hutan bakau adalah sangat bermanfaat bagi kelestarian biota laut, karena bisa menjadi tempat berkumpulnya ekosistem laut yang ujung ujungnya juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar pesisir diwilayah itu.

Lokasi dari wisata jogja hutan mangrove ini berada di Kabupaten Kulonprogo tepatnya disebelah barat pantai Congot. Banyak yang keliru mengatakan bahwa wisata hutan mangrove ini terdapat di pantai congot. Yang benar adalah disebelah barat pantai congot. Di jogjakarta sendiri sebenarnya ada hutan mangrove yang juga dibudi dayakan di sekitar pantai parangtritis, namun apabila dibandingkan besarnya maka hutan mangrove kulonprogo ini masih jauh lebih besar. Wisata seluas 3 hektar ini menawarkan pemandangan alami yang sungguh masih sangat natural. Nuansa bambu sangat mendominasi wisata ini sehingga kesan natural menjadi semakin kuat

Wisata hutan mangrove kulonprogo

Wisata hutan mangrove ini menawarkan wisata alam yang sangat natural. Biaya tiket masuknya juga terhitung sangat murah meriah, Hanya Rp 4000, Sehingga tidak heran bila para pengunjung wisata ini terdiri berbagai lapisan masyarakat. Bagi anda yang punya hobi wisata jalan kaki tentunya sangat sesuai. Tips nya, sebaiknya anda mengunjungi wisata ini pada pagi hari atau pada sore hari. Hindari mengunjungi wisata ini pada siang hari, karena panas matahari akan sangat terasa membakar dikarenakan obyek wisata ini terletak di pesisir pantai. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat wisata ini menjadi hits di media sosial. dengan penyebaran informasi yang demikian cepat, maka jangan heran ketika anda mengunjungi wisata ini pada masa liburan maka anda akan menjumpai pengujung yang membludak layaknya sebuah acara bazaar. Anda juga harus memiliki sedikit keberanian, dikarenakan seluruh penghubung antara tempat satu dengan lainnya adalah jembatan bambu, Anda akan mendapatkan pengalaman yang sungguh memicu adrenalin anda, karena sangat unik dan menantang.

jembatan bambu penghubung wisata hutan mangrove

Anda bisa berwisata hutan mangrove ini baik dengan berjalan kaki ataupun dengan menaiki perahu yang ada dilokasi ini dan sudah disediakan oleh pengelola wisata. Biayanya adalah Rp 5000 untuk setiap kepala. Untuk rombongan bisa juga men carter khusus perahu ini tentunya dengan kesepakatan dahulu sebelumnya.

wisata mangrove kulonprogo

Bila anda amati maka nama nama setiap tempat diwisata ini adalah sangat unik, karena menggunakan istilah istilah cinta, seperti ayunan cinta, gembok cinta dll. Spot berfoto yang paling diminati adalah di jembatan apiapi. Selain berkeliling di area wisata ini, anda juga bisa langsung menuju kearah laut. Sudah disediakan jalur untuk itu. Hanya saja disarankan untuk tidak Mandi di Area laut. mengingat besarnya ombak pantai selatan. Sudah ada peringatan untuk itu, jadi sebaiknya anda tidak mencobanya. Di area laut ada anjungan berbentuk kapal laut yang terbuat dari bambu. Mungkin bisa menjadi Spot berfoto yang bagus buat anda dan keluarga serta rombongan anda.

wisata hutan mangrove kulonprogo

Oh iya, mengingat banyaknya sampah yang berserakan baik itu di lingkungan hutan mangrove ataupun dipantainya, sebaiknya anda ketika berkunjung kesana siapkan tas plastik untuk membuang sampah sampah bawaan anda. Buang dahulu di tas plastik bawaan anda, untuk kemudian bisa anda buang di tempat sampah., Dan tidak membuangnya sembarangan di Lokasi wisata.

Mari kita jaga kebersihan lokasi wisata dimanapun berada

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Wisata Jogja Hutan Mangrove Kulonprogo Baca Gann!!!

Leave a Reply