Menu Click to open Menus
Home » Filsafat » Tanda tanda malam lailatul qadar dan Keistimewaannya

Tanda tanda malam lailatul qadar dan Keistimewaannya

(201 Views) June 15, 2017 2:02 pm | Published by | No comment
malam lailatul qadar

ilustrasi malam hari di padang pasir (img: ccsearch/pixabay)

Malam lailatul qadar di bulan ramadhan ini khususnya bagi umat muslim sedunia adalah sebuah kata yang mengandung beribu makna. Betapa tidak? Tidak hanya sebatas kata saja, karena malam lailatul qadar adalah sebuah malam yang paling banyak dicari dan ditunggu kehadirannya diantara malam malam lain di bulan ramadhan dan pada setiap kali bulan Ramadhan itu datang menghampiri umat muslim. Diyakini malam ini memiliki kistimewaan yang luar biasa banyak, merupakan malam yang kemuliaannya melebihi seribu bulan. Berbagai macam ibadah yang di syariatkan dilakukan oleh umat muslim untuk menyambut malam kemuliaan seribu bulan ini, walaupun untuk kedatangannya tidak ada yang mengerti kapan waktunya. Hanya mereka yang beruntung yang bisa mendapatkan malam kemuliaan ini.

Lailatul Qadar berasal dari tata bahasa arab yang memiliki arti malam ketetapan. Pada malam inilah diturunkan pedoman bagi umat manusia untuk menjalankan perintah tuhannya. Barang siapa dengan hati dan rasa yang ikhlas beribadah kepada Nya pada malam ini maka kebaikan berlipat lipat niscaya akan diperolehnya,ibadah yang dilakukannya menyamai ibadah yang dilakukan selama 83 tahun!, tetapi semua ini tentunya merupakan rahasia tuhan kepada siapa akan diberikan dari golongan hambanya. Maka dari itu di sarankan dan dianjurkan untuk melakukan ibadah sebaik baiknya pada bulan yang penuh berkah ini uaitu bulan Ramadan.

Ada sebuah riwayat yang menyebutkan sebuah dialog antara Aisyah R.a isteri nabi dengan nabi Muhammad SAW sebagai berikut :

Dari Aisyah R.a ia berkata, Saya bertanya” Wahai Rasulullah bagaimana jika saya dapat mengetahui malam lailatul qadar itu, apakah yang sebaiknya kita ucapkan dimalam lailatul qadar itu? jawab beliau: ucapkanlah olehmu, Ya Allah sesungguhnya Engkau Pengampun, Suka Mengampuni Kesalahan, maka ampunilah kesalahanku ( muttafaq alaih)

Dimalam ini turunlah malaikat jibril bersama ribuan malaikat membawa rahmat bagi seluruh alam dengan izin tuhannya. Sungguh malam yang penuh dengan keberkahan. Syaithon tidak berdaya. Dan sekali lagi malam ini merupakan rahasia Tuhan. Hanya Dia yang mengetahuinya.

Sekalipun demikian para ulama memberikan penjelasan mengenai malam ini. Banyak pendapat yang dilontarkan oleh mereka para ulama. Pendapat yang lebih dipercaya adalah malam ini terdapat diantara 10 hari akhir di bulan ramadhan berdasar hadist berikut :

” Rasulullah sangat bersungguh sungguh pada 10 hari terakhir pada bulan Ramadan, melebihi                     kesungguhan beliau pada waktu lainnya ( HR Muslim)

Dari shahabat Abdullah bin Umar Rasulullah Bersabda ” Barang siapa yang ingin menjumpai malam lailatul Qadar, maka hendaknya ia mencari pada malam ke dua puluh tujuh ( HR. Ahmad)

Rasulullah SAW pernah bersabda tentang tanda tanda datangnya malam lailatul qadar. Apabila malam lailatul qadar sudah terjadi pada malam harinya, pada pagi harinya akan dijumpai tanda tanda sebagai berikut:

  1. Matahari terbit pada pagi hari dalam keadaan jernih,teduh, seperti tidak ada sinar
  2. Dimalam lailatul qadr udara tidak dingin, tidak panas, tidak berawan, dan tidak ada badai
  3. Pada malam itu akan terasa demikian tenang dan damai

Demikian informasi tentang malam lailatul qadar semoga bermanfaat

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Tanda tanda malam lailatul qadar dan Keistimewaannya

Leave a Reply