Menu Click to open Menus
Home » Tradisional » Suku Apache Suku Indian Di Amerika

Suku Apache Suku Indian Di Amerika

(258 Views) June 11, 2017 5:50 pm | Published by | No comment
suku apache suku indian di amerika

img source :id.wikipedia.org

Suku merupakan bagian dari sebuah wilayah bangsa atau negara. Suku adalah juga mereka yang mendiami sebuah wilayah bangsa atau negara. Didunia ini ada ribuan suku di berbagai negara. Kalau berbicara masalah suku maka gak salah lagi Indonesia adalah gudangnya, setuju? Tapi sobat beritalink.com, bukan masalah itu yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Yang akan kita bahas kali inii adalah sebuah suku yang ada di negara Amerikas sana. Suku Apache namanya. Suku Apache ini termasuk rumpun suku indian. Suku ini mendiami wilayah barat daya meksiko dan wilayah tenggara Arizona. Alhamdulilah kami belum pernah kesana ( hehehehe). Yang perlu sobat tau bahwa wilayah tempat berdiam suku Apache ini memiliki sebutan khusus yaitu The Gran Apacheria.

Ternyata suku Apache ini masih memiliki 13 rumpun suku lainnya yang tersebar di wilayah Arizona ( 5 suku ) di New Meksiko ( 5 suku) dan 3 di Oklahoma. Perjuangan hidup mereka patut diacungin jempol. Mereka termasuk suku yang sangat bersahabat dengan alam, mengingat bahwa tanah tempat tinggal mereka begitu gersang, berbatu dan didonimasi oleh tanaman kaktus ( tanaman khas berduri di gurun sono gann). Uniknya mereka memiliki aturan hukum sendiri yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakatnya. Anak anak mereka tumbuh sehat dialam dengan kearifan lokal masing masing daerah.

Kalau di negara lain mungkin anak anaka sudah disibukkan dengan gadget, jangan heran kalau anak anak suku apache ini kalau bermain maka beda jelas dengan anak umumnya. Apa sih yang membedakan mereka? Yang membedakan mereka adalah dalam hal pemainan, maka permainan mereka adalah permainan tradisional, seperti lomba lari dan memanah, adakalanya berkuda. Perlu diketahui sobat beritalink.com, Suku apache pada jaman dahulu terkenal dengan keahlian mereka menunggang kuda. Mereka bisa menunggang kuda tanpa pelana, dan bisa melepaskan anak panah tepat sasaran diatas kuda yang sedang melaju kencang ( bayangin aja gann…!!!)

Di keluarga, maka kaum wanita yang bertanggung jawab penuh terhadap rumah dan merawat anak anaknya. Keselamatan keluarga menjadi tanggung jawab kaum lelaki suku apache ini. Nah buat agan yang masih jomblo jomblo galau gak jelas, jangan main main sama perempuan suku apache yaa…karena kaum wanita nya juga berlatih memanah, menombak, dan menunggang kuda. Tujuannya jelas sebagai pesiapan untuk membantu kaum lelaki ketika wilayah mereka mendapat serangan, atau juga ketika ada jomblo gak jelas kayak agan datang mau coba coba peruntungan jodoh..jangan ditanya nanti kalau ada panah asmara tepat menembus ke jantung mengarah rasa cinta yang paling dalam… ( kwkwkw…canda gan ). Tarian mereka sangat unik. Dikenal dengan nama Sunrise Dance dan Mountain Spirit Dance yang hanya dibawakan saat upacara adat saja. Sehari hari suku apache bisa membuat kerajinan tradisional yang berbentuk tas manik manikĀ  dan keranjang motif etnik, yang merupakan kerajinan khas dari Suku ini.

Semoga bermanfaat

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Suku Apache Suku Indian Di Amerika

Leave a Reply