Menu Click to open Menus
Home » Internasional » Rudal Penghancur MH17 seperti apakah?

Rudal Penghancur MH17 seperti apakah?

(1324 Views) July 22, 2014 2:43 pm | Published by | No comment

Beritalink.com- Jatuhnya pesawat MH17 milik maskapai penerbangan malaysia sudah diketahui penyebabnya. Ya benar tertembak jatuh alias dirudal oleh pemberontak ukraina pro Rusia (asumsi sementara ini). Rudal penghancur MH17 seperti apakah bentuk dan kehebatannya? tentu saja akan kita bahas disini. Alkisah dengankemampuan presisi yang sungguh sangat mematikan, sebuah peluncur rudal buatan Uni Soviet menjatuhkan penerbangan MH17 milik Malaysia Airlines yang membawa 295 penumpang pada Kamis pekan lalu. Senjata canggih rudal itu menghantam Boeing 777 dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga warga di sekitar kecelakaan mengklaim telah melihat benda jatuh dari langit ‘seperti kain’. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan pada waktu itu menyangkut kondisi pesaawat yang terkena rudal surface to air atau rudal darat keudara. Seperti apakah wujud rudal itu? pembaca bisa melihat fotonya dibawah ini

bentuk rudal penghancur MH17 milik malaysia

BUK ( source : anekainfounik.net)

Rudal Penghancur MH17, melihat dari bentuknya saja sudah mengerikan dan sudah menggambarkan kemampuan apa saja yang dimilikinya. Rudal ini dikenal juga sebagai  SA-11 Gadfly dibuat oleh Uni Soviet di tahun 1979. Senjata ini memilik kemampuan untuk memburu, mengunci , sekaligus menghancurkan obyek pesawat udara apapun itu bahkan konon pesawat sukhoi sekalipun. Peluncur rudal yang di Soviet disebut BUK ini berupa kendaraan sejenis tank yang memiliki empat peluncur, yang mampu menjangkau jarak 3 hingga 20 kilometer. Agar tembakannya presisi, BUK membutuhkan mobil radar khusus yang akan menuntun rudal yang diluncurkannya mencari sasaran. Dari segi mobilitas, singkatnya persiapan penembakan, maka perangkat ini sudah didesain sedenikian rupa sehingga sangat canggih dan diragukan apabila sasarran dapat lolos darinya. BUK mampu mengangkut hulu ledak seberat 70 kilogram dan meluncurkan rudal hingga ketinggian 75.000 feet atau sekitar 23.000 meter. BUK hanya butuh lima menit agar dalam kondisi siap digunakan, 12 menit untuk mengisi ulang, 8-12 detik untuk mengunci targetnya. Begitu target sudah terkunci, BUK memiliki kemungkinan membunuh 90 hingga 95 persen korbannya. Diperkirakan rudal yang diarahkan ke pesawat MH17 meledak pada jarak beberapa meter dari pesawat yang kemudian menyebabkan rusaknya sistem kontrol dan memicu kebakaran akibat bahan bakar yang ikut bereaksi ketika rudal meledak. Sistem peluncur ini masih digunakan. asumsi mengapa ada peralatan ini pada saat kejadian adalah kemungkinan dipasok oleh Rusia atau dirampas pasukan pemberontak pro-Rusia dari kesatuan militer Ukraina yang tertangkap.

Rudal penghancur MH17 memang canggih dan mematikan. pemberontak pro-Rusia diasumsikan hanya memiliki peluncur rudal bahu dari permukaan-ke-udara dengan jangkauan maksimum hanya 10.000 kaki. Namun mereka mampu menjatuhkan pesawat seukuran Boeing 777 yang terbang pada ketinggian 33.000 kaki, yang berarti intensitas tembakan mungkin berdampak pada pecahnya pesawat di langit. Saksi mengatakan reruntuhan dan bagian tubuh para penumpang dan awak tersebar di area seluas sekitar sembilan mil, memperkuat dugaan bahwa pesawat MH17 hancur saat masih di udara. NAmun apapun itu, kembali pada filosofi dan peraturan perang, maka peristiwa ini jelas adalah sebuah kesalahan. dibutuhkan pengusutan dan tindakan hukum bagi mereka yang yang melakukan tindakan keji ini apapun alasannya.

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

Categorised in:

No comment for Rudal Penghancur MH17 seperti apakah?

Leave a Reply