Menu Click to open Menus
Home » Teknologi » Radiasi Tertinggi Didunia konon ada disini

Radiasi Tertinggi Didunia konon ada disini

(459 Views) December 31, 2016 9:18 am | Published by | No comment

radiasi tertinggi didunia terpusat di sini

Berbicara mengenai radiasi, tentunya bayangan kita adalah sesuatu yang bisa menimbulkan akibat buruk terhadap badan kita. Radiasi dalam cakupan wilayah yang kecil tentunya bila dibandingkan secara global, dampak buruk tidak akan menjadi masalah, walaupun sejatinya tetap saja yang namanya radiasi tentunya tetap akan berpengaruh terhadap daerah, benda ataupun apapun yang dilewati dan terkena olehnya.

Bumi kita ternyata mempunyai sebuah medan radiasi yang cukup besar, yang konon sampai bisa mempengaruhi teknologi buatan manusia. Yang dimaksud disini adalah peralatan teknologi terkini buatan manusia, semisal pesawat udara, pesawat luar angkasa, dan peraltan teknologi tinggi lainnya. Gangguan yang ditimbulkan mulai dari yang cukup sepele sampai dengan yang lumayan berat, semisal sampai mengacaukan fungsi alat komunikasi penerbangan, dimana hal itu merupakan komponen vital.

Daerah itu terletak terletak di Amerika Selatan tepatnya berada dilepas pantai Brasil dan di Samudera Atlantik Selatan. Daerah ini juga populer disebut sebagai “Segitiga Bermuda Angkasa” atau Bermuda Triangle of Space.. Kenapa dinamakan demikian? tentunya hal ini disebabkan oleh seringnya terjadi anomali misterius apabila melintasi daerah ini. Ditengarai ini adalah sebuah lokasi dimana memiliki pita radiasi yang cukup tinggi sebagai sabuk Van Allen (Inner Van Allen Belt). Kawasan ini berpusat pada lepas pantai Brazil, dan sepertinya kawasan ini adalah yang bertanggung jawab atas masalah kerusakan yang dialami pesawat ruang angkasa, dari mengacaukan program mereka hingga mematikan fungsi.

Radiasi yang ditimbulkan yang berasal dari kawasan ini sedemikian serius, sehingga konon Teleskop Hubble sengaja dimatikan ketika melewati kawasan Anomali ini, dan penjadwalan spacewalks Stasiun Luar Angkasa Internasional menghindari waktu-­waktu saat melewati kawasan ini (yang terjadi sampai 5 kali sehari). Menurut penuturan astronot yang berkesempatan melewati daerah ini ketika mereka melakukan “spacewalks” atau berjalan diangkasa, mereka menyaksikan sesnsasi fenomena bintang jatuh di kawasan ini. Para ahli yang berkompeten dalam bidang ini belum bisa menyimpulkan kenapa hal ini bisa terjadi. Menumpuknya radiasi adalah yang dituding sebagai penyebab terjadinya anomali ini.

Pendapat lain mengatakan bahwa anomali disebabkan oleh karena adanya perbedaan daya magnet bumi yang ada di kawasan ini dibandingkan dengan kawasan lainnya. Wikipedia mengatakan bahwa :

South Atlantic Anomaly (SAA) adalah area di mana sabuk radiasi Bumi bernama Sabuk Van Allen (Van Allen Belts) berada paling rendah atau paling dekat dengan permukaan Bumi hingga ketinggian 200 km (124 mil).

Diduga dengan adanya hal ini maka timbul peningkatan fluktuasi partikel energik (energetic particles) khususnya di wilayah ini,  dan mempengaruhi  satelit yang mengorbit ke tingkat yang lebih tinggi dari radiasi normal. Bisa dikatakan bahwa efek ini timbuk dikarenakan oleh non-konsentrisitet (non-concentricity) yang berasal dari Bumi dan medan magnet pada kutubnya, dan SAA adalah wilayah paling dekat dengan permukaan Bumi dimana medan magnet Bumi menjadi relatif lebih lemah terhadap pusat medan magnet Bumi yang seharusnya normal.

radiasi sabuk van allen

Perlu untuk diketahui bahwasanya dua buah Sabuk Radiasi Van Allen yang mengelilingi Bumi ukurannya bisa dibilang simetris terhadap sumbu magnet Bumi yang letaknya miring terhadap sumbu rotasi Bumi dengan sudut sekitar 11 derajat. Yang terjadi kemudian adalah persimpangan antara sumbu magnetik dan rotasi Bumi terletak tidak di pusat bumi, namun sekitar 500 kilometer (300 mil) agak ke utara.

Ketidak simetrisan inilah kemudian yang dituding sebagai penyebab sabuk Van Allen bagian dalam (inner radiation belt) menjadi yang paling dekat dengan permukaan Bumi, dalam hal ini diatas Samudera Atlantik bagian selatan, dimana pada wilayah itu seakan “jatuh” hingga ketinggian hanya 200 km (124 mil). Sedangkan sabuk Van Allen bagian dalam yang terjauh dari permukaan Bumi berada diatas lautan Pasifik bagian utara.

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Radiasi Tertinggi Didunia konon ada disini

Leave a Reply