Menu Click to open Menus
Home » Misteri » Penyebab kenapa orang terhisap ombak pantai, Perlu Dibaca!!

Penyebab kenapa orang terhisap ombak pantai, Perlu Dibaca!!

(478 Views) December 31, 2016 10:24 am | Published by | No comment
Penyebab kenapa orang terhisap ombak pantai

Papan Peringatan bahaya Arus balik/ Rip current (image ; flickr)

Berwisata ke pantai, menikmati ombak dan semilir angin merupakan sebuah wisata yang mengasyikan. Apalagi bersama dengan keluarga, handai tolan, teman sepermainan, wah….betul betul sensasi relaksasi yang luar biasa apabila dilakukan. Sedikit menambahi saja, ada kalanya rekreasi merupakan salah satu pilihan relaksasi pikiran setelah beberapa hari terlibat dalam kesibukan kerja. Rekreasi apapun bentuknya tentunya bertujuan untuk melepas penat ataupun bersenang-senang, betul? Tapi tahukah anda, betapa dalam sebuah rekreasi ternyata ada juga bahaya yang siap meruntuhkan kesenangan dan kebahagiaan kita? Hmmm…Mungkin Bisa anda simak artikel berikut.

Bahaya dalam sebuah rekreasi wisata disini khususnya dalam sebuah rekreasi pantai. Sering kita dengar beberapa wisatawan manca maupun domestik menjadi korban keganasan ombak pantai. Jasad mereka hilang ditelan ombak, untuk kemudian baru ditemukan beberapa jam kemudian. Padahal ketika mereka bermain ombak, tidak terlihat sama sekali air laut akan menggulung mereka. Lalu kenapa ini bisa terjadi?

Dalam istilah praktisi ilmu kebumian atau geologi, khususnya yang berhubungan dengan lautan, ada sebuah istilah yang dinamakan arus balik atau rip current. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik itu tidak hanya kuat, tetapi juga mematikan. Arus balik atau rip current inilah yang dituding menjadi penyebab dari hilangnya sejumlah wisatawan keetika sedang bermain ombak dipantai. Tidak bisa dipersalahkan kenapa itu bisa terjadi, karena lebih banyak disebabkan kurangnya informasi dan sosialisasi tentang keadaan perairan yang perlu untuk diwaspadai, khususnya  rip current ini. Justeru yang berkembang adalah masyarakat sering mengkaitkan dengan adanya fenomena ghaib yang terjadi sehubungan dengan hilangnya para wisatawan. Lalu seperti apa rip current itu? berikut ilustrasinya..

Arus balik rip currents berbahaya

ilustrasi rip current

Arus balik merupakan aliran air gelombang datang yang membentur pantai dan kembali lagi ke laut. Arus itu bisa menjadi amat kuat karena biasanya merupakan akumulasi dari pertemuan dua atau lebih gelombang datang. Bisa ditebak bagaimana nasib mereka yang tergulung ombak semacam ini. Kehadiran arus jenis ini kadang malah tanpa disadari sama sekali. bisa dilihat dari ilustrasi berikut

arus balik rip currents

Adapun kenapa bisa timbul korban jiwa, arus balik rip current initerjadi dalam beberapa detik saja dan sangat cepat. Dan yang sangat diluar dugaan adalah arus balik ini tidak hanya terjadi di satu tempat, tapi terjadi berganti ganti di setiap tempat tergantung dari arah datangnya ombak yang membentur ke pesisir pantai. Korban yang terseret biasanya karena disebabkan kemampuan berenang yang minim, dan juga dikarenakan posisi korban terletak terlalu jauh dari pesisir atau berada pada bagian yang dalam sehingga ketika terseret arus ini maka tidak bisa mempertahankan diri akibat tidak adanya pijakan yang kuat.

Semoga bisa menjadi perhatian dan kehati-hatian dari kita semua…….

 

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Penyebab kenapa orang terhisap ombak pantai, Perlu Dibaca!!

Leave a Reply