Menu Click to open Menus
Home » Travelling » Pagoda Emas Destinasi Wisata Negara Myanmar

Pagoda Emas Destinasi Wisata Negara Myanmar

(203 Views) June 11, 2017 5:08 pm | Published by | No comment

pagoda emas myanmarEmas merupakan salah satu logam mulia yang banyak diburu karena nilainya. Harga jual emas bila dibandingkan dengan produk lain jelas berbeda. Emas adalah keindahan..begitu katanya..maklumlah kalau kemudian emas banyak diburu. Konon kabarnya jaman dahulu emas jadi idola yang luar biasa loh. Saking idolanya sampai para pemburu rela tuh mengorbankan apapun demi mendapatkannya, ya apapun! bahkan nyawa sekalipun! ( ajegileee…gannn). Tapi yang akan kita bicarakan disini adalah batu legenda yang dikenal dengan Batu Emas, yang terdapat di negara Myanmar. Meski berbalut legenda, gak ada salahnya kita sama sama mengetahui cerita apa yang ada dibaliknya…

Batu emas ini berada di Pagoda Kyaiktiyo, di Negara Myanmar. Dimana Negara Myanmar itu? Coba buka peta atau cari di google map deh ( kwkwwk…). Dari awal sudah disebutkan bahwa batu ini sarat dengan legenda yang mengiringinya. Konon kabarnya menurut legenda, Pada jaman dahulu sang Budha memberikan sehelai rambutnya kepada seorang pertapa beragama Budha. Pertapa itu lalu memberikan sehelai rambut itu kepada seorang raja. Dan sebagai tanda balas budi kepada sang pertapa, maka sang raja mengangkat sebongkah batu besar dari dalam laut dengan menggunakan kekuatan ajaibnya. Setelah itu sang raja membangun pagoda sebagai tempat meletakkan rambut sang Budha. Menurut keyakinan masyarakat setempat, karena adanya rambut sang budha itulah maka batu besar yang ada di lingkungan pagoda yang sekilas mirip emas raksasa itu tidak jatuh ke lembah dibawahnya, walaupun bila dilihat posisi batu itu sedemikian miringnya dan berada dipinggir tebing dengan kemiringan yang lumayan curam.

Untuk mencapai batu dan pagoda kyaiktiyo ini, maka para peziarah harus menempuh medan yang lumayan sulit dan tidak mudah. Tetapi untunglah, melihat masalah berkenaan dengan akses lokasi yang sedemikian sulit terhadap para peziarah, sekarang ini sudah disediakan fasilitas kendaraan berupa truk yang akan membawa para peziarah naik kepuncak gunung. Kyaiktiyo sendiri menurut bahasa Myanmar artinya adalah Pagoda diatas kepala pertapa. Seperti sudah diceritakan sebelumnya, memang pagoda kyaiktiyo ini berdiri diatas sebongkah batu besar berwarna kuning, berjenis batu granit dengan tinggi 7,6 meter.

Pagoda Kyaiktiyo merupakan salah satu dari tiga tempat ibadah paling suci di Myanmar. Destinasi wisata rohani ini ramai dikunjungi para peziarah terutama ketika bertepatan dengan hari raya agama Budha. Peziarah yang datang terdiri dari berbagai kalangan dari berbagai penjuru di negara Myanmar.

Anda tertarik?

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Pagoda Emas Destinasi Wisata Negara Myanmar

Leave a Reply