Menu Click to open Menus
Home » Sejarah » Kain sutra abadi sepanjang masa

Kain sutra abadi sepanjang masa

(2828 Views) June 18, 2014 5:08 pm | Published by | No comment

kain sutra berasal dari cinaKain sutra dalam perbendaharaan kain atau bahan pembuat pakaian menduduki tempat yang tinggi. Sejak zaman dahulu adanya kain ini selalu saja menjadi komoditas perdagangan yang menggiurkan. Selain mutunya bagus, harganya juga mahal. Pantas saja jika kain ini selalu menjadi incaran dari para pembeli maupun penjual. Tapi tahukah anda bagaimana asal mula dari kain ini awalnya? baiklah baca saja artikel ini…Kain sutra  pertama kali dikembangkan di sebuah wilayah di negara  Cina sekitar tahun 6000 SM, dan tersebut dalama sebuah legenda, bahwa semua hasil dari terciptanya sebuah kain yang bermutu tinggi itu adalah berkat jasa permaisuri Xi Ling-Shi, istri Yellow Emperor yang memerintah Cina pada 3000 SM. Permaisuri inilah yang memperkenalkan pembudidayaan ulat sutra dan menciptakan alat tenun sutra. Atas perannya ini ia dijuluki Dewi Sutra.

Menurut sejarah telah banyak  penemuan-penemuan yang ikut membuktikan sejarah panjang perjalanan kain sutra di cina. salah satu contoh misalnya adalah seperti penemuan sebuah di sungai Yangzi,yaitu  berupa sebuah cangkir gadingyang  berukiran ulat sutra dan diperkirakan telah berusia antaran 6000 – 7000 tahun. Ada juga beberapa penemuan lain yang menunjukkan bahwa proses pengolahan terutama teknik penenunan sutra canggih telah ada pada masa Dinasti Han (202 SM – 220). Untuk sementara berkembang asumsi bahwa tekhnik penenunan sutra canggih ditemukan pada masa dinasti ini. Tapi kemudian terjadi peristiwa menarik yaitu  pada bulan juli 2007, para ahli menemukan tekstil yang ditenun dengan teknik rumit dan dicelupkan aneka warna di sebuah kuburan di provinsi Jingxi, berasal dari Dinasti Zhou dan berumur 2500 tahun. Hal ini sekaligus menggugurkan teori, bahwa teknik tersebut ditemukan pada Dinasti Han.

Kain sutra mahal dan elegan, begitupula dengan sejarahnya. Hampir selama lebih dari dua ribu tahun bangsa cina sangat merahasiakan pengetahuan Sericulture (pembudidayaan sutra) dari bangsa-bangsa lain. Seiring berjalannya waktu, kemudian Sericulture sampai ke korea sekitar tahun 200 SM, juga ke india pada tahun 300. Sutra menjadi tekstil mewah di banyak tempat yang bias diakses oleh saudagar-saudagar cina. Di negara Thailand, yang cuacanya sangat cocok untuk pembudidayaan ulat sutra,sutra diperoleh dari dua jenis ulat, Bombycidae yang dibudidayakan, dan ulat sutra liar Saturniidae. Selama 30 tahun terakhir ini produksi sutra dunia telah berlipat ganda, sekalipun sudah ada sutra tiruan yang menggantikan sutra alami. Sekarang ini, lebih dari 30 negara memproduksi sutra, dan yang paling utama adalah cina dan jepang.

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

Categorised in:

No comment for Kain sutra abadi sepanjang masa

Leave a Reply