Menu Click to open Menus
Home » Opini » Ingin Anak Anda Cerdas? Seringlah Bercerita!!

Ingin Anak Anda Cerdas? Seringlah Bercerita!!

(297 Views) January 19, 2017 11:54 am | Published by | No comment

anak cerdas dengan bercerita

Anak adalah buah hati yang tidak ternilai harganya. Apapun dilakukan para orang tua untuk bisa menyenangkan buah hatinya. Segala yang terbaik pun selalu diharapkan terjadi pada buah hati tercinta. Anak cerdas siapa yang tidak mendambakannya? Cerdas bisa berarti pintar dan arti arti yang lain. Konon cerdas kata orang tua dulu dikarenakan adanya keturunan dari orang tua. Mungkin itu ada benarnya, setidaknya secara genetika apabila hal ini dikaji lebih lanjut. Tetapi tidak salah juga apabila kita sebagai orang tua selalu melakukan upaya yang terbaik untuk buah hati kita.

Anak cerdas dalam artian lain adalah anak yang bisa dikatakan berbeda dengan anak lainnya, setidaknya dalam hal tertentu. Kecerdasan pada anak tidak melulu dikarenakan keturunan tapi juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain. Nah kami coba sampaikan disini bagaimana sih mengupayakan atau dengan kata lain mengusahakan agar anak kita bisa cerdas nantinya. Hmm…tapi mohon cerdas disini jangan diartikan sebagai anak yang disekolah selalu mendapat ranking pertama, tidak pernah salah, jenius dan sebagainya. Artikan sebagai sebuah kemampuan lebih yang berbeda yang dimiliki oleh anak. Dengan anggapan seperti ini, setidaknya kita berusaha menepis anggapan cerdas dalam pengertian yang selama ini banyak di ketahui.

Hal yang kami sampaikan disini lebih kepada pola mendidik anak. Seperti banyak diketahui, pola pendidikan anak yang cenderung instant dengan harapan dari hal tersebut akan melahirkan anak cerdas, justeru cenderung lebih banyak melahirkan kualitas anak yang tertekan secara mental. Sering kita dengar atau bahkan kita alami sendiri ketika buah hati kita merasa harus berperestasi, harus mendapat juara, setidaknya 10 besar dikelasnya, yang notabene adalah sejatinya keinginan dari orang tua, bukan keinginan mereka. Sadarilah, namanya anak anak ya taunya senang, bermain, berkreasi sesuai imajinasi mereka yang bebas merdeka. Lalu apa sih yang perlu kita ketahui yang merupakan hal yang paling mendasar dalam pola pendidikan anak? Berikut liputannya…(hehehe

1.Anak selalu ingin didampingi oleh kedua orang tua mereka.

Ini fakta yang tidak bisa dipungkiri. dan percayalah dari pihak orang tua pun pasti selalu ingin mendampingi buah hati mereka. Cara menyikapi hal ini adalah dengan menjadi partner bermain mereka. Luangkanlah waktu anda untuk bermain dan menciptakan kebersamaan dengan mereka. Ikuti imajinasi mereka sekaligus membatasi seandainya terdapat imajinasi yang tidak sesuai dengan umur mereka akibat pengaruh luar.

2. Anak Selalu ingin tau dan selalu ingin jawaban atas ketidak tahuan mereka.

Ini dapat disikapi dengan selalu menjawab semua pertanyaan mereka dengan gaya bercerita. Sampaikan dengan bahasa yang mudah dan dapat dimengerti oleh alam pikiran kecil mereka. Jangan paksa mereka untuk menerima cerita kita, tapi ajaklah mereka secara halus untuk bisa memahami jawaban yang terkandung dalam cerita yang kita sampaikan.

Mengenai masalah bercerita ini, ternyata para orang tua jarang bahkan kurang memahami betapa pentingnya hal ini. Contoh kasus, pada jaman dahulu bagi anda orang tua yang sudah tua seperti saya ini ( wkwkwkwkw) pasti pernah mengalami bagaimana nikmatnya mendengarkan dongeng sebelum tidur. Nah anda para orang tua yang pernah mengalami itu pasti TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKANNYA, Betul? Itulah yang dimaksud..! Bayangkan apabila sebuah hal yang sulit dilupakan, kemudian dalam hal tersebut anda selipkan pesan moral ataupun sebuah proses pendidikan dan pengetahuan! Apa yang terjadi? Yaaaa……tentu saja pengetahuan itu akan TERTANAM KUAT, DAN TIDAK AKAN PERNAH LUPA !!!

Kekuatan penyampaian sebuah hal dengan gaya bercerita ternyata sangat efektif dan efisien. Bercerita bisa disampaikan dengan membaca buku dongeng dan pada tahapan selanjutnya secara perlahan ajak buah hati untuk ikut membacanya. Menurut penelitian ahli, ketika seorang anak membaca buku dan berlatih mencintai buku, maka hal itu akan bisa menambah kosa kata dan menambah keterampilan berbahasa. Pemahaman ini selaras dengan mendengarkan cerita.

Jadi mulailah menambahkan pola pendidikan buah hati anda dengan Bercerita

Semoga bermanfaat

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Ingin Anak Anda Cerdas? Seringlah Bercerita!!

Leave a Reply