Menu Click to open Menus
Home » Teknologi » Gak Perlu Takut Petir Kalau Sudah Ada Alat Ini….Waspada Saja

Gak Perlu Takut Petir Kalau Sudah Ada Alat Ini….Waspada Saja

(145 Views) June 13, 2017 6:56 am | Published by | No comment

penangkal petirTerjadinya petir biasanya bersamaan dengan perubahan cuaca dari kering ke basah atau dari kemarau kehujan. Petir yang ada bervariasi besarnya. Semuanya menimbulkan efek yang sama yaitu rasa takut kepada diri manusia yang mendengar ataupun melihatnya. Bahaya tersambar petir harus selalu diwaspadai. Banyak kejadian yang sudah memakan korban jiwa. Kita mungkin pernah mendengar peristiwa ada pendaki tersambar petir, ketika sedang mendaki gunung. Petir walaupun merupakan kejadian alam yang biasanya terjadi, tetap saja kita harus selalu memperhatikan potensi bahaya yang mungkin ditimbulkannya, terlebih ketika memasuki musim perlaihan dari kemarau ke musim hujan, karena pada saat inilah banyak terjadi petir.

Terjadinya petir disebabkan karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Dalam proses terjadinya muatan pada awan disebabkan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Dari uraian diatas dapat kita ketahui potensi berbahaya yang dikandung oleh petir ini. Khawatir boleh boleh saja, tapi untuk sekarang kita tidak perlu khawatir lagi karena dengan kemajuan teknologi manusia sudah diketemukan cara bagaimana menghadapi gejala alam yang satu ini. Penangkal petir dibuat dengan maksud untuk mengeliminasi resiko yang dapat timbul akibat adanya petir di alam. Pertimbangan lain karena banyaknya korban dalam tiap tahunnya akibat sambaran petir. Dengan prinsip yang sederhana mengenai kutub positif dan negatif ternyata arus petir dapat dialihkan untuk tidak menimbulkan akibat yang membahayakan.

Cara kerja penangkal petir adalah saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor menuju ke ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif.

Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir tidak mengenai bangunan tetapi dinetralisirkan kedalam tanah.

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

No comment for Gak Perlu Takut Petir Kalau Sudah Ada Alat Ini….Waspada Saja

Leave a Reply