Menu Click to open Menus
Home » Fenomenal » Buku Kuno yang membuat ilmuwan bingung

Buku Kuno yang membuat ilmuwan bingung

(1845 Views) January 9, 2016 1:50 am | Published by | No comment

Yang namanya ilmuwan pastinya adalah orang yang sangat pintar, betul?  Tapi pernahkah terbayang bahwa ilmuwan bingung dan merasa bodoh dengan penemuannya sendiri? Ini sungguh sungguh terjadi, ketika ilmuwan menemukan sebuah buku kuno yang didalamnya berisi tulisan dan lambang yang sangat sulit untuk diterjemahkan. Buku kuno itu dikenal dengan nama ” Voynich Manuskrip” Manuskrip ini pertama kali muncul ke permukaan pada tahun 1912 ketika seorang pedagang dan pengumpul buku kuno bernama Wilfrid M Voynich menemukannya di antara kumpulan manuskrip kuno yang tersimpan di Vila Mondragone di frascati dekat Roma. Kemudian setelahnya bermunculan teori dan hipotesis tentang buku ini.

buku kuno yang membuat ilmuwan bingung

Buku kuno yang membuat ilmuwan bingung ini diperkirakan berasal dari abad 15, berdasarkan hasil test karbon yang dilakukan. Memang didalamnya banyak sekali berisi tulisan dan gambar tanaman, manusia yang kesemuanya sepertinya menunjukkan suatu maksud. Saking banyaknya orang yang berminat memecahkan misteri buku kuno ini sehingga muncul istilah “Voynichologist”. Kemudian pada tahun 1945, Misteri ini diserahkan ke tangan para ahli pemecah kode yang berhasil memecahkan kode tentara jepang pada perang dunia II. Tim pemecah kode ini belum pernah gagal memecahkan kode apapun yang disodorkan. Namun mereka juga gagal menyingkap misteri manuskrip Voynich. John Stojko, seorang ahli bahasa berani mengklaim bahwa semua tulisan dalam buku itu berasal dari bahasa ukraina, dengan catatan tanpa huruf hidup yang disertakan. Tapi lagi lagi ini sangat tidak sesuai dengan ilustrasi yang terdapat dalam buku itu.

Buku kuno ini semakin membingungkan ilmuwan, karena pada 2004, psikolog dan dosen ilmu komputer dari universitas Keele di Inggris yang bernama Gordon Rugg mengatakan bahwa manuskrip ini adalah Hoax alias tipuan., yang ia publikasikan dalam jurnal cryptologi. Apa yang mendasari pendapat ini? ternyata Rugg, meneliti manuskrip misterius tersebut tanpa hasil hingga ia sampai pada kesimpulan bahwa manuskrip tersebut hanyalah sebuah hoax. Kesimpulan ini membuat para Voynichologist terkesan. Mereka yang selama bertahun-tahun mencoba memecahkan misteri manuskrip ini tanpa hasil tiba-tiba merasa bahwa ini adalah jawaban yang masuk akal. Rugg juga menggunakan peralatan yang bernama Cardan Grille yang pertama kali dideskripsikan pada tahun 1550 oleh Girolamo Cardano. Menurut Rugg, apabila menggunakan alat itu, seseorang yang cukup cerdas dapat menulis satu halaman manuskrip Voynich dalam satu atau dua jam yang berarti dapat menyelesaikan satu buku dalam waktu tiga atau empat bulan termasuk ilustrasi-ilustrasinya. Dan Pada tahun 2007, hipotesis Rugg didukung oleh dua kriptolog terkenal bernama Andreas Schinner dan Claude Martin.

Bagaimana dengan buku kuno itu sekarang? Terserah bagaimana para pembaca menyikapinya saja

Source:(wikipedia,enigma)

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

Categorised in: , ,

No comment for Buku Kuno yang membuat ilmuwan bingung

Leave a Reply