Menu Click to open Menus
Home » Unik dan Aneh » Ayo Ber wisata Alam Di Goa Jatijajar Kebumen

Ayo Ber wisata Alam Di Goa Jatijajar Kebumen

(659 Views) January 9, 2017 6:23 am | Published by | No comment

wisata alam goa jatijajar

Berwisata memang tidak ada kata membosankan. Trend wisata juga bermacam-macam. Dewasa ini potensi wisata cenderung banyak dilirik oleh sebagian masyarakat kita. Baik itu sebagai pengembang wisata ataupun sebagai penikmat wisata. Wisata alam menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati. Selain kembali menikmati sejuknya alam, biasanya wisata alam menawarkan sisi historis yang bagi sebagian penikmat wisata sepertinya ditujukan untuk pendidikan anak-anak mereka. Salah satu tujuan wisata alam yang mungkin bisa anda coba adalah Goa Jatijajar yang terletak di kecamatan Jatijajar Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Goa Jatijajar Merupakan sebuah situs geologi yang terbentuk dari serentetan proses alamiah. Goa yang keseluruhannya terbentuk dari kapur ini diketahui memiliki panjang sekitar 250 meter, dari pintu masuk sampai dengan pintu keluar. Tentunya sebuah lokasi ada cerita yang mengiringinya. Cerita tentang Goa jatijajar ini berawal dari penemuan yang tidak disengaja oleh seorang petani yang bernama Jayamenawi. Alkisah pada waktu itu sang jayamenawi sedang membersihkan rumput di lokasi tersebut, yang juga merupakan lahan nya. tak dinyana kemudian dia terperosok masuk kedalam sebuah lubang. Ternyata lubang itu merupakan ventilasi dari sebuah goa, dengan diameter 4 m dan ketinggian ke tanah dibawahnya sekitar 24 meter. Tidak lama setelah kejadian tersebut, salah satu bupati Ambal, mengunjungi lokasi. Beliau menemukan banyak pohon jajar tumbuh disitu. Alhasil konon kemudian goa tersebut dinamakan Goa Jatijajar yang artinya Jati yang tumbuh berjajar.

Sebelum memasuki area goa, banyak fasilitas yang dapat anda manfaatkan , seperti toilet, masjid, dan anda tidak perlu khawatir karena pedagang kecil yang dikoordinasi pemda setempat sudah siap memanjakan anda. JAngan lupa mencicipi hidangan khas kebumen yaitu pecel dan mendoan. Dijamin anda akan terbuai dengan kelezatannya ( wekekekek)

mendoan goa jatijajar

Ada juga kolam alami disini, yang berasal dari dalam goa jatijajar

kolam alami goa jatijajar

Didalam Goa jatijajar terdapat 7 Buah sendang, tetapi yang dapat dengan mudah dicapai sejumlah 4 sendang saja yaitu :

  1. Sendang Puser Bumi
  2. Sendang Jombor
  3. Sendang Mawar dan
  4. sendang kanthil

Ada mitos setempat yang mengatakan bahwa apabila kita mencuci muka di sendang mawar maka bisa menjadi awet muda. Sendang lain, jombor dan puser bumi diyakini bisa mengobati penyakit, sedangkan sendang kanthil diyakini bisa membantu orang tercapi cita cita dan harapannya apabila dipakai untuk mencuci muka. Itulah mitos pemirsa, kembali kepada anda bagaimana menyikapinya.

sendang mawar goa jatijajar

Berwisata di Goa Jatijajar sungguh mengasyikan. Walaupun di beberapa bagian goa sudah di renovasi, dengan tujuan untuk kemudahan para pengunjung, tetapi tetap saja nuansa alami dapat anda rasakan disin. PErlu kehati-hatian dan kekuatan ekstra untuk anda menjelajahi goa ini. MAklum saja rute yang ditempuh naik dan turun dan tentu saja cukup licin. Sangat berbahaya apabila anda tidak berhati hati.

tangga goa jatijajar

Banyak diorama yang melukiskan tentang legenda kamandaka. Konon dahulu kala Gua Jatijajar pernah digunakan untuk bertapa oleh Raden Kamandaka Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran, yang bernama aslinya Banyak Cokro atau Banyak Cakra.

legenda kamandaka goa jatijajar

Kisah Raden Kamandaka ini dipenuhi kisah kepahlawanan, persahabatan, dan juga percintaan yang romantis. Sungguh sebuah nasihat yang sangat baik bagi kita generasi sekarang apabila kita bisa melihat sisi hakikat yang terdalam. Pemirsa, di goa jatijajar, ada sebuah ruangan yang terkesan mistis. Kesan mistis ini mungkin saja timbul akibat adanyat pengaruh suasana pencahayaan yang remang remang dengan deru sungai bawah tanah yang bergemuruh sehingga kesan angker begitu kental terasa.

tempat bertapa goa jatijajar

Dari kesan yang beritalink.com tangkap, sepertinya ruang ini menceritakan tentang aktivitas bertapa atau meditasi yang dilakukan oleh orang pada jaman dahulu. MEmang ada wujud sebuah patung menyerupai orang yang sedang bertapa disitu, tapi apakah orang itu menggambarkan sang raden kamandaka atau bukan, kami kurang begitu paham. Tapi intinya wisata alam goa jatijajar sangat menarik dan bisa direkomendasikan sebagai alternativ wisata anda keluarga dan teman teman terkasih anda.

Semoga bermanfaat

This post was written by adminberita
About

Berbagi Informasi untuk edukasi dan kebaikan bersama

Categorised in:

No comment for Ayo Ber wisata Alam Di Goa Jatijajar Kebumen

Leave a Reply